Rumah Warga di Mamasa Tertimbun Longsor

On Senin, Oktober 15, 2018

MASALEMBO.COM

Rumah warga tertimpah longsor, material tanah menimbun rumah tersebut (Asrianto/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Hujan deras yang mengguyur kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, selama beberapa hari, mengakibatkan sebuah rumah di Desa Tampak Kurra, Kecamagan Tabulahan, tertimpa tanah longsor. Rumah milik Daud yang terletak di pinggir tebing tertimpa longsor pada Sabtu (13/10) malam sekitar pukul 23:30 Wita.

Daud, pemilik rumah menceritakan, pada saat kejadian, ia bersama empat anggota keluarganya sudah tertidur, tiba-tiba terdengar suara bergemuruh. Sontak, pemilik rumah pun langsung lari berhamburan keluar rumah untuk menyelematkan diri.

Material longsor menimbun sebagian rumah miliknya. Akibat longsor, rumahnya mengalami kerusakan di bagian dinding, dapur dan atap.
Selain itu, beberapa perabot rumah dan barang lainnnya juga rusak tertimpa longsor.

Pemilik rumah kini masih membersihkan rumahnya dari sisa sisa timbunan longsor. Beberapa barang berharga yang berhasil diselamatkan sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

"Kami juga kaget malam itu, karena langsung tertimbun tanah. Tapi kami bersyukur karena masih bisa selamat," ujarnya, saat di temui, Senin (15/10), sambil mengais sisa-sisa longsor.

Selain rumah milik Daud, tiga rumah warga lainnya juga mengalami kerusakan. Meski tak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Untuk sementara, seluruh penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat. 

Sementara itu, kepala dusun setempat, Irna Sri Utari telah melakukan pendataan terhadap rumah warganya yang mengalami kerusakan. Selanjutnya, ia akan melaporkan kepada kepala desanya.

"Tadi pak camat juga sudah datang melihat langsung," tuturnya.

Hingga kini warga masih was-was untuk kembali kerumahnya. Mereka masih tetap mengungsi ke rumah kerabatnya. Warga berharap, pemerintah bisa memberi bantuan untuk perbaikan rumah mereka. (ant/har)

comments