Terkendala Jaringan, Hari Pertama Tes Seleksi CPNS Polman Molor

On Selasa, Oktober 30, 2018

MASALEMBO.COM

Tempat pelaksanaan ujian CPNS di gedung Gadis Polewali (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, dihari pertama, Selasa (30/10) pagi, terpaksa molor lebih lama akibat terkendala jaringan. Ujian sesi pertama yang sedianya dilaksanakan pukul 08:00, baru dimulai sekitar pukul 13:00. Padahal peserta telah melakukan registrasi sejak pagi. Akibatnya, seluruh jadwal ujian yang lain pada hari ini ikut berubah. 

Beberapa peserta tampak berada di dalam gedung Gadis tempat berlangsungnya ujian, dan sebagian lagi di luar gedung  melakukan registrasi. 

Seorang peserta bernama Ari asal Kecamatan Tinambung mengaku, terpaksa menunggu jadwal selanjutnya untuk melakukan registrasi sesi kedua.

"Ini harusnya sudah mulai sesi kedua, tapi bermasalah jaringan, kami hanya disuruh menunggu," kata peserta yang mendaftar formasi guru ini.

Terkait masalah tersebut, Kepala Balai Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Polman, Surahman  mengatakan, keterlambatan ini akibat server jaringan bermasalah. Untuk hari pertama, panitia membagi tiga sesi, dimana setiap sesi diisi 200 peserta. Selanjutnya, sesi kedua digelar pada pukul 14:00 Wita.

Sekertaris BKPP Polman, Bahtiar menuturkan,  ujian ini terbagi dalam beberapa tes, diantaraya tes karakteristik pribadi, tes intelegensi umum, dan  wawasan kebangsaan. Nilai Passing Grade atau ambang batas untuk tes karakteristik pribadi adalah 143 poin, sementara untuk tes intelegensi umum terdiri dari 80 poin dan tes wawasan kebangsaan 75 poin.

"Nanti output (jumlah poin, red) akan langsung kelihatan di layar monitor yang kami siapkan di luar gedung," ujarnya 

Jadwal pelaksanaan ujian CPNS Kabupaten Polman akan berlangsung selama empat hari mulai Selasa, 30 Oktober hingga Jumat 2 November 2018 dengan jumlah peseta sebanyak 2.709 orang.

Bahtiar juga menanggapi soal masalah jaringan. Ia mengatakan, jika masalah jaringan merupakan  kendala server BKN pusat yang bermasalah. 

"Kalau kita sudah mempersiapkan lebih awal seperti komputer, genset, dan persiapan teknis lainnya," tutupnya.

Hingga berita ini ditutunkan, ujian masih berlangsung. Selanjutnya ujian hari kedua akan dilanjutkan pada esok. (ant/har)

comments