-->

Hot News

Turunkan Tim Medis, PT Astra Berikan Pelayanan Warga Palu

By On Senin, Oktober 15, 2018

Senin, Oktober 15, 2018

Tim medis PT Astra International Tbk melayani para pengungsi Palu (Edison/masalembo.com)

PALU, MASALEMBO.COM - PT Astra International Tbk melalui program Nurani Astra yang saat ini dipusatkan di Posko Garuda Nurani Astra Kota Palu memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Kab Sigi dan Kab Donggala, Sulawesi Tengah.

Seperti pada hari Jumat, 12 oktober 2018 di Silae, Kota Palu. Pada kegiatan kemanusiaan ini posko Nurani Astra mengirimkan tim medisnya dipimpin oleh dr Fatimatuzzarah, seorang dokter muda relawan dari PT Mamuang.

“Kami bertugas dengan niat mulia untuk memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala. Semoga bantuan medis ini dapat meringankan beban para korban bencana,” ujar dr Fatimatuzzarah, pada hari ini.

Info pertama soal belum adanya bantuan medis di daerah pengungsian didapat dari keluarga warga Silae yang berobat ke Posko Garuda Nurani Astra pada hari Kamis, tanggal 11 Oktober 2018 lalu. Menurut warga tersebut, posko pengungsian di sekitar rumah mereka di daerah Silae belum terjamah bantuan medis sama sekali.

Keesokan harinya, Jumat 12 Oktober 2018, tim medis Posko Garuda Nurani Astra mendatangi pengungsian di Silae dan mendapatkan 29 KK dengan jumlah warga sekitar 95 orang. 

Jumlah pasien yang didapat oleh Tim Medis Posko Garuda Nurani Astra di daerah tersebut berjumlah 15 orang yang terdiri dari 4 orang pria, 6 orang wanita (wanita hamil 2) dan anak-anak berjumlah 5 orang. Penyakit yang ditemukan berupa ulkus e/r pedis, gatal-gatal, batuk, pilek, pusing berputar dan demam.

Khusus untuk pasien yang menderita ulkus saat tim datang ditemukan berbau busuk, kaki pasien bengkak karena terlalu lama digantung. Tim melakukan rawat luka, pembersihan (sterilisasi) dan dibuang nanahnya lalu ditabur antibiotik. Tim pun melakukan edukasi kesehatan kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut.

Menurut Ridwan sebagai ketua RT bahwa ini adalah kunjungan dan bantuan medis pertama yg sampai di Silae, sehingga dirinya sebagai Ketua RT di Silae ini mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Posko Garuda Nurani Astra dan seluruh keluarga besar PT Astra International Tbk.

"Terimakasih atas kepedulian PT Astra Internasiol Tbk terhadap kami warga Silae," ungkapnya. (eds/har)

comments