Wabup Mateng Sebut Peran PKK Non Instruktif Dalam Pembangunan

On Kamis, Oktober 18, 2018

MASALEMBO.COM

Wakil Bupati H. Amin Jasa melantik dan mengukuhkan pengurus PKK Mamuju Tengah (Yasin/Humas Setda Mateng)

MATENG, MASALEMBO.COM - Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sebagai gerakan positif dan tumbuh dari bawah. PKK digerakkan oleh wanita kususnya kaum ibu. Gerakan ini bertujuan mewujudkan keluarga sejahtera, yakni keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir batin. 

Sebagaimana keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat yang mempunyai arti penting dalam proses pembangunan. Sebab itu, upaya kesehateraan keluarga harus diupayakan. 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati H Amin Jasa, usai mengukuhkan Pengurus Tim Penggerak PKK Mamuju Tengah (Mateng) di aula Rujab Bupati, Rabu (17/10).

Menurut H Amin Jasa, jika keluarga dapat mewujudkan tata kehidupan yang sejahtera dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat yang sejahtera secara kusus Kabupaten Mateng dan Indonesia pada umumnya.

Wabup Mateng mengatakan, visi gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat madani, yaitu masyarakat yang maju, mandiri, demokratif, partisipatif dan sadar hukum sehingga setiap keluarga disadarkan akan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat madani. 

Salah satu upaya untuk mewujudkan visi gerakan PKK, dengan memberdayakan keluarga yang diupayakan dengan fasilitas non instruktif, guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. "Pemberdayaan ini penting, karena akan menghasilkan kemandirian keluarga," jelasnya.

Tim juga diminta membudayakan PKK sesuai dengan eksistensinya sebagaimana yang tertuang pada 10 program pokok PKK, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan juga Kesehatan. Selain itu, mengembangkan kehidupan berkoperasi, keselarasan lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat yang merupakan kekuatan yang strategis. "Hal yang menjadi tantangannya," kata Wabup Mateng.

Ucapan selamat dan sukses juga disampaikan atas dikukuhkannya kaum ibu sebagai Pengurus PKK Kabupaten Mateng dan berharap pengurus tim penggerak PKK ikhlas dan tulus mengemban amanah yang barusaja diterimanya. 

"Saya yakin, ibu-ibu sekalian mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," tutup H Amin Jasa. (jml/har)

comments