Badan Geologi Kementerian ESDM Lakukan Penelitian Gempa Mamasa

On Kamis, November 29, 2018

MASALEMBO.COM

Anggota tim peneliti PVMBG Kementerian ESDM (Foto: Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Pusat Vulakanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendatangkan tim penyelidik untuk melakukan penelitian gempa Mamasa.

Kepala Tim Penyelidik Bumi Badan Geologi PVMBG Cecep Solaeman menjelaskan, penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi yang terus mengguncang wilayah Mamasa sejak tiga pekan terakhir, baik akibat vulkanologi, maupun kerusakan bangunan.

"Dari penelitian ini, diharapkan dapat diketahui penyebarannya seperti apa, kemudian faktor apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan bangunan tersebut, apakah memang gempa yang menyebabkan sehingga rusak atau memang bangunannya kurang baik, atau dari faktor tanah," jelas Cecep, Rabu (28/11).

Metode penyelidikan kata Cecep, menggunakan alat mikrotremor dengan mengambil beberapa sampel kerusakan bangunan akibat gempa serta merekam frekuensi getaran tanah yang ditimbulkan gempa. Selanjutnya akan dilakukan analisis terkait hasil penyelidikan seperti apa karakteristik tanah di Mamasa.

"Secara langsung kita lakukan pemeriksaan terhadap kerusakan rumah dan retakan tanah, apakah ada hubungannya dengan aktivitas sesar atau seperti apa. Untuk menjawab itu, setelah kita lakukan penyelidikan ini," tuturnya.

Penyelidikan akan dilakukan selama kurang lebih empat hari, terhitung Selasa, 27 November hingga 30 November.
Dari hasil penyelidikan yang dilakukan selanjutnya akan dibuat rekomendasi untuk diumumkan kepada masyarakat. (frd/har)

comments