Bupati Habsi Apresiasi Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa

On Jumat, November 09, 2018

MASALEMBO.COM

H. Wabsi Wahid (Foto: Humas Setda Mamuju)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Bupati Mamuju H. Habsi Wahid membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa (BID) 2018 di pelataran Rumah Adat (Rudat) Mamuju, Jumat (9/11).

Dalam acara tersebut Habsi Wahid memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Tim Inovasi Kabupaten (TIK), Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan seluruh pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan Bursa Inovasi Desa hari ini, yang mampu menghadirkan karya 57 Inovasi Desa dengan rincian Inovasi Kewirausahaan sebanyak 21 item, Inovasi SDM sebanyak 15 item dan Inovasi Infrastruktur sebanyak 21 item Semua ini adalah bagian dari upaya dalam mendorong pemberdayaan masyarakat desa yang Inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa yang mandiri.

“Saya berharap dari peyelenggaraan Bursa Inovasi ini, para peserta dapat bertukar pengetahuan, pengalaman dan memberikan kesempatan kepada peserta lain untuk mengamati dan melakukan modifikasi atas transfer pengetahuan tehnis dan pengamatan dari ke 57 inovasi desa yang ada, oleh masing-masing peserta” ujarnya.

Di momen yang sama, Bupati juga melaunching salah satu Inovasi Layanan Viever Data Kabupaten Mamuju dengan pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Web, untuk menciptakan layanan informasi publik yang mudah dan cepat bagi publik serta terintergtasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju, yakni Sistem Informasi Layanan Data Kabupaten Berbasis Aplikasi Terintergrasi ( SILANDAK BERAKSI) Kabupaten Mamuju, yang digagas oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Mamuju, Karena Sistem ini terintegrasi maka diharapkan seluruh OPD memberikan dukungan data yang tersedia pada aplikasi ini sebagai bagian dari penyelenggaran e-goverment di Kabupaten Mamuju,

"Saya mengajak untuk terus berkarya, menemukan hal – hal baru, berfikir positif dan konstruktif, agar kita dengan mudah dapat meraih mimpi – mimpi kita dan mewujudkan kemajuan dan kesejahtraan bagi Daerah kita tercinta,"Kata Habsi Wahid.

Sementara,kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,  ABD. Rahim Mustafa menurutnya dengan inovasi ini akan menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran, karena ini merupakan sasaran penggunaan dana desa dan tentu berfokus untuk mengurangi kemiskinan serta perbaikan ekonomi masyarakat.

Dan juga akan disingkronkan melalui Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP Desa), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMD) dan RPJMDes.

"Inilah yang kita harapkan bagaimana pemanfaatan dan penggunaan dana Desa karena setiap tahun dana Desa akan terpenuhi 10 persen dan ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Daerah dalam mengalokasikan dana hingga mencukupi 10 persen,"ungkapnya.

Untuk diketahui, diacara tersebut juga hadiri, Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari, Sekretaris Daerah Kab. Mamuju. H. Suaib, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ABD. Rahim Mustafa, Koordinator Pendamping P3MD/ BID Wilayah 5 Sulbar Nurhamzah, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Para Kepala Desa, Pendamping Desa dan Seluruh Peserta Bursa Inovasi Desa (rls/awl)

comments