Dua Desa di Polman Gelar Pilkades Ulang

On Senin, November 19, 2018

MASALEMBO.COM

Suasana Pilkades di Polman (Asrianto untuk masalembo.com)

POLMAN, MASALEMBO.COM - Pasca pemilihan kepala desa (Pilkades) pada bulan Oktober lalu, dua desa di Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, dipastikan akan menggelar ulang pemilihan kepala desa. Kedua desa tersebut adalah Desa Sepporaki, Kecamatan Alu dan Banua Baru Kecamatan Wonomulyo. 

Pemilihan ulang kepala desa ini dipicu sejumlah masalah. Desa Sepporakki, terpaksa harus diulang karena hasilnya seri, sementara Desa Banua Baru, calon kades melayangkan sanggahan karena calon kades menganggap ada beberapa kecurangan, seperti saat perhitungan suara, penggunaan KTP, jumlah DPT yang tidak sesuai.

Kepala BPMPD Polman, Aswar Jazin Sauru mengatakan, sesuai mekanisme dan petunjuk teknis, harusnya dilihat dari jumlah DPT pemilih paling banyak, tempat balon tersebut berada, itu yang menjadi pemenang. Namun kendalanya karena dua balon tersebut berada dalam satu wilyah dan tempat tinggal yang sama.

"Kita sudah lakukan rapat mediasi di atas dan hasilnya kedua calon bersepakat, setelah semua mekanisme dilalui semua hasilnya sama akhirnya dengan petunjuk pak Bupati juga sepakat untuk pemilihan putaran kedua," terang Aswar Jasin.

Aswar Jazin Sauru mengungkapkan bahwa, Desa Sepporakki telah melakukan pemilihan suara ulang pada Minggu (18/11) kemarin. 

Panitia Pilkades Desa Sepporakki sudah menjalankan semua mekanisme yang diatur dalam Pilkades dan hasilnya tetap sama sehingga keduanya sepakat untuk diadakan pemilihan putaran kedua.

Hasil perolehan Desa Sepporakki putaran ke 2, calon nomor urut 1 Masdar memperoleh suara sebanyak 162 semenatara calon nomor urut 2 Tona Manggala 216. Pemilihan Kepala Desa dimenangkan oleh Cakades incumbent.

"Desa Seporakki kemarin sudah melakukan pemilihan ulang, cuma laporannya memang lambat karena wilayahnya jauh di pegunungan. Kalau Banua Baru hari ini kami akan rapat dulu baru kami putuskan," katanya, Senin (19/11).

Sementara Desa Banua Baru, masih menunngu hasil keputusan rapat pada hari ini. Untuk Desa Banua Baru, pihaknya akan memanggil seluruh bakal calon kepala desa yang berjumlah empat orang bersama panitia desa.

Aswar menegaskan bahwa Pemilihan kepala desa putaran kedua hanya di Desa Sepporaki dan Banu Baru saja, sementara desa yang lainnya sudah ada yang melakukan penetapan atas hasil Pilkades di Desa Mereka. (ant/har)

comments