Gempa Masih Terjadi, Pelajar Mamasa Ikuti Latihan Mitigasi Bencana

On Jumat, November 30, 2018

MASALEMBO.COM

Siswa dan siswi di Mamasa antusias ikuti latihan mitigasi bencana (Frendy Cristian/masalembo.com)

MASALEMBO.COM - Tim relawan kemanusian bekerjasama Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamasa  memberikan sosilaisasi mitigasi bencana kepada sejumlah pelajar, Jumat (30/11).

Kegiatan ini adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Hal itu diajarkan kepada sejumlah siswa di Mamasa mengingat peristiwa gempa bumi masih kerap terjadi di wilayah ini. 

Sosialisasi mitigasi bencana dilakukan sejumlah relawan kemanusian yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia seperti relawan wahana visi Indonesia dengan pihak BPBD Mamasa.

Sejumlah dari berbagao sekolah di Mamasa diajarkan cara meyelamatkan diri jika gempa kembali terjadi, seperti keluar ruangan kelas, menjaga diri dari reruntuhan bangunan serta tidak panik.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Mamasa, Yan Lebok mengungkapkan, sosialisasi mitigasi bencana difokuskan ke sejumlah sekolah agar siswa dapat mengetahui cara meyelematkan diri jika terjadi bencana.

Kegiatan ini disambut baik seluruh siswa dan pihak sekolah, diharapkan kegiatan mitigasi bencana ini dapat  menguragi resiko korban jika bencana atau gempa bumi kembali terjadi.

Untuk diketahui, gempa bumi sudah hampir empat pekan melanda Mamasa. Pada Jumat (30 /11) hari ini, gempa kembali mengguncang Mamasa pukul 04 :13 Wita dini hari dengan kekuatan 4.1 SR.

Berdasarkan data BMKG, pusat gempa berada di darat 12 km tenggara Mamasa pada kordinat 3.03 LS -119.49 BT kedalaman 5 km. (frd/har)

comments