Latihan Para Raider 431: Polman Dikepung Kelompok Bersenjata

On Kamis, November 22, 2018

MASALEMBO.COM

Ratusan penerjun di langit Polman (Foto: Asrianto untuk masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Ratusan penerjun dari Yonif Para Raider 431, Brigif 3 dan Divif 3 Kostrad, menggelar latihan terjun payung di Kabupaten Polewali Mandar, Kamis (22/11). Penerjun menggunakan pesawat Herculues milik TNI AU.

Informasi yang diterima masalembo.com, sebanyak 186 personel penerjun dilibatkan dalam latihan militer ini. Puncak latihan taktis operasi lintas udara dihadiri Kepala Staf Divisi Infanteri (Kasdivif) 3 Kostrad Brigjen TNI Dwi Darmadi, Asintel Divif 3 Kostrad Kolonel Inf Enjang, Kasbrig 3 Kostrad Letkol Inf Susilo, Kapolres Polman AKBP Muhammad Rifai, Kasdim 1402 Polmas serta SKPD Kabupaten Polman.

Kepala Staf Divisi Infanteri (Kasdivif) 3 Kostrad Brigjen TNI Dwi Darmadi mengatakan, Brigif para Raiders 3 Kostrad ini sedang melakukan latihan program satuan lintas udara. Ini adalah latihan militer terakhir mereka untuk latihan terjun taktis. Selain latihan terjun payung di udara, mereka juga melakukan latihan darat. 

"Untuk operasi lintas udara digunakan saat pasukan setempat tidak mampu meneyelesaikan serbuan pasukan, untuk memutus serbuan pasukan lawan atau musuh," jelasnya.

Ia menuturkan, dalam latihan ini, diterapkan skenario Polewali Mandar telah dikepung oleh sekitar 100 orang musuh, dan harus diselesaikan oleh pasukan lintas udara karena pasukan setempat tidak dapat meneyelesaikan.

"Pasukan ini akan dikejar oleh satu pasukan Batalyon, kemudian nanti selesai operasi lintas udara mereka akan diserahkan kepada satuan setempat untuk melaksanakan pembersihan," ungkapnya.

Dwi mengatakan bahwa dalam skenario latihan operasi lintas udara di Kabupaten Polewali Mandar ini diperagakan bahwa Kabupaten Polewali Mandar dikuasai oleh separatis bersenjata.

Atas dasar itu sehingga prajurit Kostrad dari Yonif Para Raider, Brigif 3, Divif 3 Kostrad diperintahkan melakukan operasi lintas udara untuk merebut kabupaten Polewali Mandar. 

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 1402 Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto menyampaikan terima kasih kepada Brigif 3, Divif 3 Kostrad sudah melaksanakan latihan di wilayah Kodim 1402 Polmas.

"Mewakili masyarakat Polewali Mandar Kami menyampaikan terima kasih karena sudah melaksanakan latihan di Kabupaten Polewali Mandar," ucapnya.

Salah satu warga Polman, Urwa, yang turut menyaksikan latihan tersebut mengaku bangga dan salut setelah melihat aksi prajurit TNI melaksanakan latihan terjun payung di Polman.

"Ini luar biasa, pertama kalinya TNI latihan terjun di sini, kita liat ribuan masyarakat memenuhi sepanjang jalan untuk menyaksikan aksi prajurit TNI, " ucapnya. (ant/har)

comments