Propam Polda Sulbar Selidiki Kematian Tahanan Polsek Mamuju

On Senin, November 12, 2018

MASALEMBO.COM

Mobil jenazah RS Bhayangkara Mamuju beberapa saat sebelum bertolak ke Polewali mengantar jenazah Amiruddin, Minggu (11/11) sore kemarin. (Egi/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi Barat dikabarkan tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus tewasnya Amiruddin (31), seorang tahanan di Polsek Urban Mamuju, Minggu (11/11) siang kemarin.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar AKBP Mashura membenarkan, Propam telah melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan lebih lengkap terkait hasil penyelidikan.

"Sementara masih dalam lidik, ditindaklanjuti Propam, nanti hasilnya akan kita sampaikan," kata Mashura, Senin (12/11) sore.

Kapolres Mamuju AKBP Moh Rivai Arvan sendiri menjelaskan, kematian tahanan Polsek Urban Mamuju bernama Amiruddin itu, murni tindakan bunuh diri. "Sampai sekarang hasil lidik saya belum ada ditemukan hal lain sehingga tersangka meninggal di dalam sel selain dari pada dugaan gantung diri," terang Kapolres melalui pesan elektronik Watshap Group (WAG).

Kapolres mengaku, pihaknya sangat terbuka atas kasus tersebut. Ia menegaskan, polisi tidak akan menutup-nutupi ihwal kejadian itu.

Sementara itu, salah satu keluarga korban yang berhasil dimintai keterangan oleh awak media ini mengatakan, pihak keluarga almarhum Amiruddin di Polewali Mandar telah melakukan visum ulang terhadap jenazah korban. Namun hasil visum dokter RSUD Polewali tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

"Sudah divisum dan hasilnya sama dengan hasil visum di Mamuju, ini murni bunuh diri," kata Darwan, keluarga korban yang dihubungi wartawan.

Untuk diketahui, Amiruddin sebelumnya adalah tersangka kasus penipuan dan pencurian yang ditangkap di Makassar beberapa hari lalu. Namun, pada Minggu siang kemarin ia ditemukan tewas dalam tahanan Mapolsek Urban Mamuju. Pihak kepolisian berdasarkan hasil visum di RS Bhayangkara Mamuju mengatakan, tersangka meninggal dunia karena gantung diri.

Baca: Amiruddin Ditemukan Tewas di Tahanan Polsek Urban Mamuju

Jenazah warga Lingkungan Binanga Mamuju asal Kabupaten Polman ini kemudian dipulangkan ke kampung halamannya di Kelurahan Wattang Polewali. (har/red)

comments