66 Desa di Sulbar Direncanakan Dapat Layanan Internet

On Minggu, Desember 02, 2018

MASALEMBO.COM

Ilustrasi (Foto: Antara)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Sebanyak 66 desa di Provinsi Sulawesi Barat direncanakan akan mendapatkan program pelayanan internet gratis yang dimulai tahun 2019 .

"Desa yang akan mendapatkan layanan internet gratis diantaranya berada di Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah, Majene, Mamasa serta Pasangkayu," kata Kepala Dinas Komunukasi dan Informasi Provinsi Sulbar Musakkir Kulase di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, internet tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dan program ini diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan program Pemrov Sulbar yakni Program Desa "Marasa" (mandar, cerdas dan sehat) serta "one village one product" (satu desa satu produk/OVOP).

"Kehadiran internet di desa akan mendukung Program Marasa dan OVOP paling tidak dalam hal masyarakat desa termasuk para pelajar juga memiliki akses untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan lebih mudah.

Selain itu, dapat membantu para petani atau pengusaha dalam hal pemasaran dan pengetahuan dalam mengembangkan usahanya terutama yang menjadi produk atau komoditi?andalan di desa masing-masing.

"Secara teknis, pengadaan layanan internet di setiap desa akan memperhatikan ketersediaan fasilitas listrik dan jaringan telekomunikasi serta fasilitas yang ada, termasuk kondisi signal telkomsel," katanya.

Data Indeks Desa Membangun (IDM) 2017 di Sulbar terdapat138?sangat tertinggal sebanyak, 294 desa tertinggal, berkembang 130 desa, mandiri tidak ada dan maju sebanyak lima desa.

Dari 66 desa program Marasa yang akan mendapatkan layanan internet gratis, 19 desa terkategori tertinggal, 43 desa tertinggal, 4 berkembang. (antaranews.com)

comments