Deklarasi Pemilu Damai KPU Mateng: Jangan Bosan Bicara Pemilu Jujur

On Senin, Desember 03, 2018

MASALEMBO.COM

Deklarasi Pemilu Damai digelar KPU Mateng (Foto: Jamal Tanniewa/masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO.COM - Jelang pemilu 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menyelenggarakan kampanye damai di lapangan Benteng kayumangiwang Kecamatan Tobadak, Minggu (2/12).

Dalam sambutannya, Komisioner KPU Mateng Divisi Parmas Galuh Prihandini mengatakan, pemilu 2019 adalah kali pertama di Mateng sejak menjadi daerah otonomi baru di Provinsi Sulbar. Karena itu melalui kampanye damai, KPU Mateng mengajak warga menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi mendatang.   

Sebagai kabupaten baru, Mateng telah mengantongi rekor muri Indonesia dan terbaik 13 dunia saat Pilkada 2015 lalu dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 97%. Sebab itu, warga diminta mensukseskan pemilu 2019 dengan tingkat kehadiran sesuai target.

"Untuk mengulang sejarah rekor muri, kami mengajak seluruh elemen masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai target 77,5%," kata Galuh 

Komisioner KPU Mateng dua periode ini juga mengajak warga sukseskan Pemilu 2019 secara damai tanpa hoaks, politisasi sara dan politik uang.

"Sebagai pemilih harus diberi kandidat bermutu agar pemilu tak jadi pesta sambil lalu, jangan bosan bicara tentang pemilu yang jujur, bebas dan adil agar demokrasi tak berakhir dengan kesia-siaan," ucap Prihandini diakhir sambutannya. 

Kampanye damai yang berlangsung meriah ini, mengusung tema "Jalan Sehat Menuju Pemilu Damai" diikuti ratusan peserta, baik pimpinan partai politik, pimpinan OPD, komisioner KPU dan Bawaslu Mateng, PPK, PPS dan warga setempat. Selain dihibur  Minimalis Band Topoyo, peserta juga disuguhkan puluhan kupon undian oleh KPU Mateng dengan hadiah utama 1 unit kulkas.

Kampanye damai yang dihadiri Komisioner KPU Provinsi Sulbar Farhanuddin ditandai penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2019 oleh pimpinan parpol, Bawaslu dan KPUD setempat. (jml/har)

comments