HUT Polman ke-59, Andi Ibrahim Pamer 81 Penghargaan

On Sabtu, Desember 29, 2018

MASALEMBO.COM

Paripurna DPRD HUT Polman ke-59 (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar menyampaikan sambutan HUT Kabupaten Polman ke-59, Sabtu (29/12). Ia mengutakaran sejumlah capaian dan prestasi yang sukses diraih dalam kurun waktu lima tahun atau di periode pertama masa kepemimpinannya bersama wakil bupati H.M Rahmat Natsir, bahkan AIM menyebut sederet penghargaan yang ia raih.

Diantaranya yang disebutkan Andi Ibrahim, yakni pada tahun 2014 Pemkab Polman meraih 7 penghargaan. Kemudian 2015 meriah 13 penghargaan, 2016 mendapat 18 penghargaan, 2017 meraih 21 penghargaan, dan tahun 2018 mendapat 22 penghargaan. Total pemgahrgaan 81.

"Seluruh hasil penghargaan itu adalah hasil kerja keras dilakukan oleh komponen masyarakat Polman," AIM, sapaan Andi Ibrahim Masdar.

Selain penghargaan tersebut, AIM juga menyampaikan kinerja pembangunan Kabupaten Polman.

Ia membeberkan, berdasarkan data BPS aspek kesejahteraan tingkat kemiskinan di Polman terus mengalami penurunan. Khusus di tahun 2016 sebesar 17,06 persen atau 73,04 ribu jiwa angka kemiskinan menjadi 16,05 persen atau 69,25 ribu jiwa. 

"Ini menempatkan Polman sebagai kabupaten dengan penurunan angka kemiskinan tertinggi di Sulbar," ucap AIM

Kemudian aspek pembangunan manusia yang tergambar dari IPM lanjutnya, kini terus menunjukkan peningkatan. AIM menyebut Polman mendapat predikat kabupaten dengan kemajuan pembangunan manusia paling cepat di Sulbar yaitu sebesar 2,26 persen.

"Dari aspek ekonomi, pertumbuhan ekonomi Polman sebesar 7,34 persen. Capaian pertumbuhan ekonomi Polman tahun 2014 ke 2017 selalu berada di atas pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat," terang adik kandung gubernur Sulbar ini.

Dijelaskan bahwa, dari aspek PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto), aktivitas perekonomian di Polman juga terus meningkat. Hal ini tergambar pada angka PDRB yang mengalami peningkatan secara konsisten setiap tahunnya. 

"Dalam kurun waktu 2014-2017, Polman selalu memberikan kontribusi terbesar dalam membentuk PDRB Sulawesi Barat. Artinya, ekonomi Polman merupakan penggerak utama atau yang terbesar di Sulbar," beber AIM.

AIM berharap, kedepannya ia ingin terus melakukan pembangunan dari segala lini. Di tahun 2019 beberapa agenda menjadi PR utama Pemkab Polman, diantaranya pelebaran jalan dua jalur dari Kecamatan Wonomulyo ke Polewali, pembangunan bandar udara di Desa Paku Kecamatan Binuang, ekspor produk lokal seperti kopi, coklat dan makanan khas ke Timur Tengah.

"Saya harap dukungan dari Pemprov Sulbar, anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan seluruh elemen masyarakat," harap AIM.

Diakhir sambutan AIM berterima kasih kepada tokoh dan para pendiri Kabupaten Polman yang sempat hadir. Seluruh Mantan Bupati, mantan ketua DPRD, mantan pejabat baik legislatif maupun eksekutif yang pernah mengabdi di Kabupaten Polman. Ia juga berterima kasih kepada masyarakat Polman atas dukungan dan kerjasamanya dalam membangun Polman.

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar turut hadir di paripurna HUT Polman mengatakan, pembanguanan di daerah ini semakin maju karena pemrintahnya meningkatkan kinerja.

ABM menilai, Polman menjadi motivator bagi kabupaten lain di Sulbar, baik dari sisi politik hingga pembanguan ekomomi. 

Kata ABM, di Polman pertumbuhan ekonomi tinggi meski tidak ada perusahaan negara dan perusahaan investor lain yang membantu. Menurutnya, mobilitas masyarakat di bidang perekonomian yang terbuka jadi daya dorong pertumbuhan ekonomi Polewali Mandar.

"Kuncinya satu, yaitu dari pemerintahnya terbuka dan demokrasi terjamin," pungkas ABM. (ant/har)

comments