KPU-PWNA Sulbar Gelar Sosialisasi Pemilu ke Kaum Perempuan

On Senin, Desember 24, 2018

MASALEMBO.COM

Peserta sosialisasi pemilih perempuan (handover/PWNA Sulbar)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Pimpinan wilayah Nasyatul Aisyiyah Sulawesi Barat (PWNA Sulbar) menggandeng KPU Mamuju menggelar sosialisasi pemilih untuk perempuan.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang perempuan. Sosialisasi pemilih perempuan dengan tagline "Memilih Yes, Golput No" ini digelar di Lingkungan, Kalubibing Kecamatan Mamuju, Senin (24/12).

Komisioner KPU Muhammad Rivai di acara ini menjelaskan, perempuan berperan vital dalam pemilu. Apalagi kata dia, pemilih perempuan secara kuantitas tak kalah dari laki-laki.

Menurut Rivai, pemilih terbanyak di pemilu 2019 adalah perempuan, karena itu dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat KPU melakukan sosialisasi kepada kaum Hawa. Kata Rivai, pemilih perempuan adalah segmen penting yang perlu disasar oleh KPU.

"Laki-laki dan perempuan sama kedudukan serta hak dan kewajiban dalam politik termasuk dalam hajatan pemilu," kata Muhammad Rivai.

Lanjut Rivai, sejak dulu perempuan telah menunjukan peran yang besar dalam memimpin atau menentukan pemimpin. Karenanya ia berharap peran perempuan dalam pemilu 2019 juga akan makin signifikan. "Pemilih perempuan harus tampil sebagai motor dalam mewujudkan pemilu yang kredibel dan aman," pitahnya.

Rivai meminta, para pemilih perempuan agar selain menggunakan hak pilihnya, juga memilih peran lainnya bagi perempuan adalah dengan menjadi penyelenggara pemilu, menjadi pengawas atau pemantau ataupun juga turut memainkan peran sebagai insan peneduh dan pembawa suasana damai di masa pemilu, dimulai dari relasi dan komunikasi ibu dengan suami dan anak-anak. (rls/red)

comments