Senin Pagi, Gempa 4.2 SR Kembali Guncang Mamasa

On Senin, Desember 24, 2018

MASALEMBO.COM

Tangkap layar hasil analisis gempa Mamasa (BMKG Majene)

MAMASA, MASALEMBO.COM -  Setelah sepekan intensitas menurun, gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 4,2 Skala Richter kembali mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat, Senin (24/12) pagi ini. Gempa terjadi pukul 06:00:26 Wita.

Gempa yang mengguncang pagi ini, sempat mengagetkan warga Mamasa dan sekitarnya. 

"Sempat terpikir gempa di Mamasa tidak adalagi, namun pagi ini kembali terjadi," kata Antos, warga setempat.

Dikatakan Antos, warga yang ada di rumahnya sempat kaget dan sontak berhamburan keluar karena getaran gempa berlangsung sekira 2 menit.

Antos berharap jelang perayaan natal gempa tak lagi terjadi, sehingga semua warga Mamasa dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. Ia juga berharap semua warga Mamasa tetap memanjatkan doa agar terhindar dari segala macam bencana.

Terkait gempa ini, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa berkekuatan 4.2 SR lokasi pusat gempa berada di darat, 23 kilometer barat laut , Kabupaten Mamasa pada koordinat 3.05 LS – 119.54 BT di kedalaman 10 km. 

Episenter dan kedalaman hiposenternya menunjukkan bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas sesar Saddang. Guncangan gempabumi dirasakan di Mamasa III MMI. Meski demikian BMKG tetap menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Berdasarkan catatan BMKG jumlah gempa yang yang terjadi di Mamasa hingga 24 Desember yang dimulai 3 November lalu, sebanyak 1.066 kali yang dirasakan 297 kali. (frd/har)

comments