Sungai Budong Budong Meluap, Banjir Genangi Pemukiman dan Kebun Sawit Warga

On Senin, Desember 17, 2018

MASALEMBO.COM

Idham petani sawit, saat banjir menggenangi kebun miliknya. (Jamal Tanniewa/masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO.COM - Hujan deras sejak Minggu (16/12/2018) sore mengakibatkan sebahagian pemukiman dan lahan perkebunan sawit di dua kecamatan di Kabupaten Mamuju Tengah dilanda banjir, Senin (17/12).

Banjir ini akibat meluapnya sungai Budong-Budong di daerah tersebut.

Sejumlah warga di Dusun Manurung Desa Tobadak Kecamatan Tobadak  yang tengah memanen buah kelapa sawit mengaku, kaget karena tiba-tiba air merendam lahan miliknya hingga mencapai paha orang dewasa.

Idham, seorang petani yang juga pengurus salah satu kelompok tani sawit mengatakan, luapan air sungai tak hanya merendam perkebunan miliknya. Namun, buah sawit yang sudah dipanen sebagian ikut terbawa arus karena datangnya banjir tidak diduga.

"Banjir secara tiba-tiba karena waktu mulai panen tadi pagi kebun masih kering dan saya kaget air sudah merendam," kata Idham mengamankan buah sawit yang baru saja dia panen.

Idham bersama sejumlah petani setempat juga mengeluhkan jembatan penghubung di sungai Bulurembu menuju ke kebun miliknya. Jembatan bambu yang dibangun secara swadaya itu, kini nyaris roboh karena dorongan air banjir.

Idham yang juga ketua kelompok tani Mala'bi di desanya berharap, adanya bantuan pembangunan jembatan sepanjang 20 meter itu. Hal ini dimaksud agar petani sawit yang berada di lokasi sekitar mendapat kemudahan mengangkut hasil panen mereka.

Kata Idham, para petani yang berkebun di hamparan sawit seluar 15 hektar ini, masih kesulitan mengangkut hasil panen saat musim hujan dikarenakan jembatan bambu yang dibangun swadaya itu sering roboh karena lapuk atau terbawah arus.

Dikatakan, jembatan bambu ini juga dapat mengancam jiwa petani karena aliran sungai Bulurembu cukup deras dikala hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Kami berharap ada bantuan pemerintah bangun jembatan ini," harap Idham

Pantauan wartawan, banjir kiriman sungai Budong Budong hingga saat ini masih menggenangi sejumlah wilayah dan lahan petani sawit. (jml/har)

comments