Tim Terpadu Pemkab Mamasa Sidak Pedagang Ikan

On Rabu, Desember 19, 2018

MASALEMBO.COM

Tim terpadu saat sidak di pasar Mamasa (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Jelang perayaan natal 25 Desember 2018 dan tahun baru 2019 tim terpadu Kabupaten Mamasa melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang ikan.

Tim terpadu terdiri dari Dinas Perikanan, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan serta Pihak  Kepolisian. Mereka melakukan sidak di sejumlah penjual ikan di pasar Mamasa, Selasa (18 /12).

Sidak dilakukan guna memastikan ikan yang diperjual belikan bebas dari bahan kimia, seperti  formalin. 

Sebanyak 30 sampel ikan diambil baik ikan kering maupun ikan basah. Sampel tersebut kemudian dites menggunakan alat tes formalinkit, untuk mengatahui kandungan ikan apaka mengadung formalin atau tidak.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mamasa, Rezin Pualliin mengatakan, sidak dilakukan untuk memastikan ikan di pasar Mamasa layak komsumsi atau bebas dari formalin. Hal itu juga sebagai upaya pemerintah memberi perlindungan terhadap konsumen

"Dari sekitar 30 sampel ikan yang dites, semuanya negatif, tak satupun yang ditemukan yang mengandung bahan berformalin dan semuanya layak komsumsi," kata Rezin kepada awak masalembo.com

Kegiatan ini disambut baik warga. Salah satu warga Mariaty mengatakan, sangat mendukung langkah yang dilakukan tim terpadu Kabupaten Mamasa agar masyarakat dapat mengetahui ikan yang layak untuk dikomsumsi. (frd/har)

comments