Ujuk Rasa di Pantai Mamuju Minta Jokowi Kirim Tentara ke Uighur China

On Rabu, Desember 26, 2018

MASALEMBO.COM

Massa aksi di anjungan pantai Manakarra Mamuju (Foto: Awal/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Ratusan massa mengatasnamakan diri Aliansi Umat Muslim Bersatu Provinsi Sulbar meminta presiden RI Joko Widodo mengirim tentara dan delegasi untuk membantu warga muslim Uighur yang dikabarkan tengah mendapat perlakuan keji pemerintah China.

Seruan tersebut disampaikan saat massa menggelar aksi unjuk rasa di anjungan pantai Manakarra Jalan Yos Sudarso, Mamuju, Rabu (26/12).

"Kami meminta presiden Joko Widodo agar mengirim tentara dan delegasi membantu umat muslim di Uighur China," ujar salah satu demostran, Adi.

Kata Adi, tindakan rezim China telah menindas dan merampas hak kaum muslimin di Uighur adalah tindakan biadab yang tak dapat didiamkan karena melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Massa uga menyuarakan agar negara-negara muslim di dunia bersatu dan mengirimkan bala tentaranya untuk membantu warga muslim Uighur China.

Sambil membawa bendera kalimat tauhid, massa juga membentang spanduk yang bertuliskan "stop genosida muslim Uighur."

Dalam orasinya Adi juga mengaku, menyayangkan sikap pemerintah yang memberikan ruang bebas bagi warga China masuk ke tanah air dengan dalih sebagai tenaga kerja. "Ini pelajaran besar bagi kita, tidak menutup kemungkinan bangsa China juga akan menindas umat muslim di Indonesia," katanya.

Walau aksi tersebut merupakan aksi damai,namun puluhan aparat kepolisian disiagakan mengawal proses aksi itu. (awl/har).

comments