34 PPK Mamasa Baru Dilantik, Diharapkan Bekerja Profesional

On Kamis, Januari 03, 2019

MASALEMBO.COM

Pelantikan PPK oleh KPU Mamasa (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Jelang pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa melantik 34 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang terdiri dari 22 laki-laki dan perempuan 12 orang.  

Pelantikan dilaksanakan di aula mini KPU Mamasa, Rabu (2/1/2019) sore. PPK yang baru dilantik itu diharapkan bekerja secara profesional jujur, adil, dan independen serta menaati kode etik sebagai peyelenggara pemilu. PPK yang dilantik adalah tambahan dari PPK yang ada saat ini. Dimana sebelumnya telah ditetapkan tiga orang  PKK di setiap Kecamatanan, Kemudian ditambah menjadi lima orang berdasarkan putusan Mahkamah Konsitusi No.31/PPUU-XI/2018/ terkait anggota panitia pemilihan kecamataan yang harus berjumlah lima orang.

Ketua KPU Mamasa, Joni Rambulangi mengatakan, 34 Orang PPK baru adalah orang yang sudah mengikuti sejumlah tahapan seleksi, mulai dari seleksi berkas, tes tertulis dan wawancara. Kebanyakan dari yang lulus adalah mereka yang sudah pernah menjadi PPK sebelumnya pada pemilihan lalu.

“PPK selain harus memiliki kemampuan secara administrasi juga harus mampu menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam meyikapi dinamika politik di dalam lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Joni menegaskan, semua PPK agar bekerja profesional dan menaanti kode etik sebagai peyelenggara pemilu dengan tidak melakukan politik praktis atau terlibat sebagai salah satu tim pemenangan salah satu paslon.

Menurutnya sanksi bagi PPK yang terbukti melanggar aturan dengan terlibat dalam poltik praktis akan dilakukan dipecat atau diberentikan oleh KPU Mamasa. (frd/har)

comments