Alhamdulillah, Warga Transmigrasi di Sulbar Bisa Akses Internet

On Senin, Januari 07, 2019

MASALEMBO.COM

Tangkap layar, video call warga transmigrasi UPT Rano dengan Kadis H. Herdin Ismail (ist)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Untuk pertama kalinya di Indonesia, masyarakat transmigrasi di UPT Rano Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat berkesempatan menikmati dan mengakses internet dari ponsel mereka secara gratis.

Sesuai dengan visi misinya, Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat berhasil menjalankan Program Jaringan Internet via Satelit untuk empat UPT penempatan tahun 2018. Dimana warga transmigrasi secara gratis dapat menikmati internet selama setahun, termasuk video call.

"Alhamdulillah, siang tadi, jaringan internet sudah bisa dimanfaatkan oleh warga di UPT Rano Kabupaten Mamasa bahkan sempat video call dengan Saya," sebut Kadis Transmigrasi Provinsi Sulbar, H. Herdin Ismail, Minggu (6/1/2018).

Kata H. Herdin, tak hanya UPT Rano saja yang akan menikmati jaringan internet, tiga UPT lainnya yakni, UPT Saluandeang Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), UPT Tanjung Cina Kabupaten Pasangkayu dan UPT Ulumanda SP-2 Tamejannang juga segera akan dipasangi jaringan internet via satelit.

"Kita tergetkan, 4 UPT di Sulbar akan siap menikmati jaringan internet secara gratis di bulan ini," papar H. Herdin.

Dengan hadirnya jaringan internet, terang H. Herdin, tentunya warga di UPT dapat berkomunikasi dengan keluarganya secara langsung di daerah asalnya masing-masing. 




Tak hanya itu, lanjut H. Herdin, jaringan internet ini juga dapat terpantau langsung dengan Kementerian Desa PDT Transmigrasi.

"Tentunya, ini suatu kemajuan yang sangat membanggakan, dikarenakan, Sulawesi Barat adalah provinsi pertama di Indonesia yang menggunakan Program Jaringan Internet via Satelit," jelas H. Herdin.

"Sesuai informasi yang kami terima di Kementerian Desa PDT Transmigrasi bahwa ternyata Sulbar yang pertama kali menggunakan program ini. Dan rencanannya Kementerian Desa dan PDT akan menjadikan Provinsi Sulbar sebagai "Pilot Projeck" untuk selanjutnya bisa diikuti oleh UPT yang tersebar di seluruh Indonesia," kunci H. Herdin.

Terpantau, warga transmigrasi di UPT Rano dengan senangnya mengucapkan terima kasih kepada Kadis Transmigrasi Sulbar atas perhatiannya telah memasukkan jaringan internet.

"Kami warga transmigrasi UPT Rano, Mamasa mengucapkan terima kasih kepada Kadis Transmigrasi Sulbar, Bapak H. Herdin Ismail," kata mereka melalui video yang dikirimkan kepada redaksi media ini. (adv/har)

comments