Arizenjaya Klaim Ini adalah Hidroponik Tercantik di Indonesia

On Jumat, Januari 11, 2019

MASALEMBO.COM

Kepala Sekolah Drs. Arizenjaya, M.Eng (Henok Samalangi/masalembo)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumarorong adalah salah satu sekolah menengah di Kabupaten Mamasa yang memiliki banyak keunggulan.

Walaupun hanya berada di wilayah kecamatan, namun memiliki prospek cemerlang di masa datang. Pasalnya, diasuh oleh kepala sekolah yang memiliki prestasi nasional bahkan internasional, Arizenjaya.

Selaku fisikawan dengan penemuannya yang terkenal dengan Instrumen Termodinamika Arizenjaya, dengan rumus E=az2, seolah tidak pernah berhenti berinovasi dalam menerapkan ilmu yang dimilikinya.

Salah satu yang diinisiasi tahun 2018 adalah tanaman hidroponik yang menurutnya merupakan hidroponik  tercantik di Sulawesi Barat bahkan Indonesia.

Ditemui masalembo.com di ruang kerjanya, Jumat (11/01/2019) lulusan Fisika IKIP Makassar ini mengatakan kontruksi hidroponik yang dibuatnya bersama dengan guru dan siswa SMAN 1 Sumarorong sangat berbeda dengan hidroponik yang ada di sekolah lain.

Menurutnya, salah satu perbedaan adalah rangkaian yang dibuatnya bersusun tiga atau tiga tingkat, terbuat dari rangkaian pipa paralon dan kemasan wadah air mineral.

"Saya sudah keliling melihat hidroponik di sekolah lain, tapi belum pernah melihat sama dengan rangkaian hidroponik yang ada di SMAN 1 Sumarorong, walau bukan bermaksud sombong," ucapannya.

Sebagai gambaran, hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa tanah.

Adapun dana yang digunakan adalah bantuan Kementerian Pendidikan Nasional (ABPN 2018) senilai Rp100 juta dikombinasi dengan dana BOS.

Kegiatan ini diintegrasikan dalam bidang studi prakarya dan kewirausahaan.

Menurut pembimbing Kewirausahaan SMK 1 Sumarorong, Buttu Tasi, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong siswa  memanfaatkan pekarangan sempit dengan menanam sayuran-sayuran di rumah masing-masing.

Selain itu mengajak siswa-siswi berwirausaha, sehingga kelak setelah tamat dapat diaplikasikan di masyarakat atau setelah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. (hs/har)

comments