Bupati Majene Serahkan Kartu Nikah, Pertama di Sulbar

On Jumat, Januari 04, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Fahmi Massiara menyerahkan buku nikah kepada pegawai Kemenag Majene (Munirul Islam/Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Bupati Majene H Fahmi Massiara didaulat menyerahkan kartu nikah dari Kementerian Agama (Kemenag), Kamis (3/1/2019). Penyerahan kartu nikah dilaksanakan saat upaya Hari Amal Bakti Kemenag ke-73 di pendopo rumah jabatan bupati. Untuk Provinsi Sulbar, penyerahan kartu nikah ini adalah yang pertama.

Seperti diketahui, Kementerian Agama telah memeluncurkan kartu nikah bersamaan dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) berbasis website yang digunakan Kantor Urusan Agama untuk mengelola administrasi pencatatan nikah.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Mohsen menjelaskan penerbitan kartu nikah berbasis teknologi informasi (smart card) bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di bidang pencatatan nikah dengan basis data yang terintegrasi.

"Mewujudkan kartu identitas nikah berbasis teknologi informasi yang mudah dibawa, memiliki akurasi data dan langsung dirasa manfaatnya saat diperlukan," kata Mohsen seperti dilansir dari keterangan resmi di laman Kementerian Agama dikutup CNN Indonesia, Senin (12/11).

Sementara itu, dalam sambutan tertulis Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan bupati Fahmi Massiara pada Hari Amal Bakti Kemenang ke-73 di Majene, Menag Lukman mengajak seluruh elemen bangsa menjaga keragaman, dan toleransi beragama.

"Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan," ucap Fahmi Massiara membacakan sambutan Menteri Agama RI. 

Upacara Hari Amal Bakti Kemenag ini juga dihadiri Wakil Bupati H Lukman, Sekretaris Daerah Andi Achmad Syukri Tammalele, unsur Muspida, pimpinan OPD dan undangan lainnya. (har/red)

comments