Bupati Polman Terima Piala Adipura dari Wapres JK

On Senin, Januari 14, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Polman (kanan) menerima piala Adipura dari Wapres Jusuf Kalla (ist/masalembo.com)

JAKARTA, MASALEMBO.COM - Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar menerima piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sebagai kategori kota kecil. Penyerahan piala Adipura diserahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla di Auditorium Dr. Suedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019) pukul 10:00 WIB.

Polewali Mandar merupakan kabupaten pertama pasca terbentuknya Provinsi Sulawesi Barat yang sukses meraih piala Adipura. Selain Polman, sejumlah kabupaten masuk dalam kategori kota kecil juga mendapatkan piala Adipura. Diantaranya Malili, Barru, Maros, Sidrap, Pinrang dan beberapa kabupaten lainnya.

Selain diterima langsung oleh bupati, penerimaan Adipura dihadiiri Kepala Dinas PU, DLHK, Kepala Bappeda, Asisten II, Kadis pendidikan dan OPD terkait lainnya.

Kabag Humas Protkoler Pemkab Polman, Aco Musaddad mengatakan, Kabupaten Polman dua tahun berturut-turut mendapat sertifakat Adipura, yakni tahun 2016 dan 2017, tahun ini mendapat pialanya. 

"Kita terus memperbaiki sesuai dengan penilaian itu, termasuk pengelolaan sampah, kebersihan lingkugan. Ini kategori sebagai kota kecil, ini pertama di Sulbar," kata Aco Musaddad

"Insya Allah kedepannya kita akan pertahankan terus, semoga kedepan kita bisa dapat lagi," lanjutnya

Aco Musaddad mengungkapkan, penghargaan ini melalui perjuangan dan proses yang panjang. Kata dia, kuncinya sebenarnya bukan pada pialanya, tapi bagaimana masyarakat bisa lebih memahami untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain Adipura, Polman juga menyandingkan piala Adiwiyata, yakni Mandiri dan Nasional. 

"Jadi kita sandingkan tiga piala sekaligus. Nah ini jarang kabupaten yang bisa meraih dan menyandingkan tiga piala tersebut," sambungnya.

Dikatakan, piala Adipura ini tidak lepas dari dukungan semua pihak dan masyarakat.  "Kita pemerintah hanya memfasilitasi, ini bagian terkecil. Tapi peran pentingnya, masyakarat yang memiliki kesadaran menjaga kebersihan," terangnya. 

Sesuai rencana, OPD dan pihak terkait akan melakukan penjemputan piala Adipura di perbatasan Pinrang desa Paku, besok Selasa (15/1/2019), kemudian diarak dan keliling hingga Kecamatan Wonomulyo. 

Mewakili Pemerintah Kabupaten Polman, Aco Musaddad berterima kasih seluruh masyarakat Polman atas kontribusi dan partisipasinya dalam meraih Adipira.

"Bagaimana kita bisa mempertahankan, karena merebut itu gampang, namun yang sulit adalah mempertahankan. Jangan hanya sampai disini, kedepan kita bekerja sama untuk menjadikan Polman sebagai kabupaten yang lebih baik, maju dan terbaik di Sulbar," pungkasnya. (ant/har)

comments