Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar Rancang Program Digitalisasi

On Selasa, Januari 22, 2019

MASALEMBO.COM

Kadis Transmigrasi Sulbar H. Herdin Ismail saat Rapat Kordinasi Ketransmigrasian di hotel d'Maleo Mamuju (egi/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Guna mempermudah akses informasi ketransmigrasian, Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat tengah merancang program digitalisasi. 

Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar H. Herdin Ismail kepada wartawan, Senin (21/1/2019) malam mengatakan, program digitalisasi tersebut dimaksudkan untuk menyediakan data ketransmigrasian di provinsi ke 33 RI ini.

Herdin menjelaskan, lewat program ini, data dan profil Dinas Transmigrasi di enam kabupaten di Sulbar bakal mudah diakses melalui internet. Hal tersebut sambungnya, sudah menjadi kebutuhan dalam merespon perkembangan teknologi yang makin canggih saat ini.

"Jadi kami (Dinas Transmigrasi Pemprov Sulbar) lagi mencangkan yang namanya digitalisasi, apa yang akan disampaikan adalah tentang profil, semua data akan menjadi bagian dari digitalisasi itu," ucap Herdin usai Rapat Kordinasi Dinas Transmigrasi Se-Sulbar di hotel d'Maleo Mamuju, Senin malam.

"Tadi kami sampaikan ke seluruh kabupaten agar mempersiapkan profilnya," lanjutnya.

Menurutnya, perkembangan zaman saat ini harus direspon dengan menyesuaikan diri. Karena itu digitalisasi data dan profil ketransmigrasian di Sulbar menjadi sebuah keharusan. "Sekarang ini kan bukan lagi eranya membawa-bawa tumpukan kertas dinda. Era sekarang ini kita cukup membawa HP smartphone, semua data yang kita butuhkan ada dalam genggaman kita," ucap Herdin kepada wartawan masalembo.com

Dikatakan, jika semua data bisa disajikan lewat digital dan internet, hal tersebut juga akan mempermudah Dinas Transmigtasi daerah asal untuk mendapat informasi pelaksanaan program transmigrasi di Sulbar.

Untuk mendukung program digitalisasi itu, Herdin mengatakan mulai tahun ini Dinas Transmigrasi Sulbar telah membuka jaringan internet ke Satuan Pemukiman (SP) Transmigrasi. Jaringan internet telah hadir di tengah warga untuk mempermudah komunikasi warga transmigrasi. (adv/red)

comments