Program Transmigrasi Sulbar Jadi Pilot Project Se-Indonesia

On Senin, Januari 07, 2019

MASALEMBO.COM

Penjemputan warga transmigrasi di bandara Tampa Padang Mamuju beberapa bulan lalu (dok: egi/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat patut berbangga, pasalnya, Program Dinas Transmigrasi Sulawesi Barat yakni Jaringan Internet via Saltelit akan menjadi pilot project oleh Kementerian Desa dan PDT Transmigrasi dan akan diterapkan di masing-masing provinsi di Indonesia.

Kementerian Desa dan PDT Transmigrasi menilai Program tersebut berhasil dijalankan serta telah dinikmati oleh warga transmigrasi di Sulbar.

Ditemui usai melakukan video call dengan warga transmigrasi di UPT Rano, Mamasa, H. Herdin mengatakan, dirinya merasa bersyukur, programnya dapat dijadikan pilot project oleh Kementerian Desa dan PDT.

Menurutnya, dari informasi yang diterima dari Kementerian Desa dan PDT Transmigrasi bahwa Provinsi Sulbar adalah yang pertama di Indonesia yang dinilai berhasil memasang jaringan internet kepada warga tramsmigrasi.

"Inilah adalah suatu kebanggaan untuk Provinsi Sulbar, kita merasa terhormat, program kami bisa diikuti oleh provinsi lain di Indonesia, sekaligus motivasi untuk terus mengembangkan inovasi lagi," kata H. Herdin kepada media ini.

Ia memgatakan, Kementerian Desa dan PDT Transmigrasi menilai program milik Transmigrasi Sulbar sangat baik dan layak diterapkan di daerah lain.

"Kita bersyukur apa yang kita lakukan dipandang lebih baik oleh Kementerian Desa dan PDT Transmigrasi sehingga bisa direplikasi oleh Provinsi lain," ujar H. Herdin.

Baca juga: Alhamdulillah, Warga Transmigrasi di Sulbar Bisa Akses Internet

H. Herdin menuturkan, bahwa ini semua tidak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Provinsi Sulbar dalam hal ini, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Wakil Gubenur Hj. Enny Anggraeni Anwar dan Setda Muhammad Idris. 

Program Jaringan Internet via Satelit merupakan program berbasis teknologi dan informasi untuk warga transmigrasi di masing-masing UPT di Sulbar. Dimana warga di UPT dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan keluarganya yang ada diluar Provinsi Subar. 

Selain itu, program tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses setiap informasi berbasis internet. tujuan utama program ini, yakni membentuk warga transmigrasi yang inovatif.

Sebelumnya, sesuai dengan visi misinya, Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat berhasil menjalankan Program Jaringan Internet via Satelit untuk empat UPT penempatan tahun 2018. Dimana warga transmigrasi secara gratis dapat menikmati internet selama setahun, termasuk video call dan lainnya.

Program ini berhasil dijalankan di UPT Rano Kabupaten Mamasa dan akan menyusul lagi pada tiga UPT yakni UPT Saluandeang Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), UPT Tanjung Cina Kabupaten Pasangkayu dan UPT Ulumanda SP-2 Tamejannang. (rls/har)

comments