Selamat, Pemprov Sulbar Raih Adhi Purna Prima Award Bidang Pertanian

On Selasa, Januari 29, 2019

MASALEMBO.COM

Gubernur Sulbar angkat tropi Adhi Purna Prima (Foto: Ali Baal Masdar/facebook)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sukses meraih penganugerahan Adhi Purna Prima Award 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Gubernur Ali Baal Masdar pada acara Asosiasi Pemerintah Provinsi (APPSI) di hotel Shangri-La, Surabaya, Selasa (29/1/2019).

"Alhamdulillah Sulawesi Barat meraih penghargaan di bidang pertanian dengan ikon yaitu integrasi kemoditas jagung, kakao, dan sawit," tulis Ali Baal Masdar di akun facebook miliknya.

Ali Baal lewat postingannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian Pemprov Sulawesi Barat, kepada para petani yang ada di daerah ini.

"Ini untuk kita, ini untuk kalian, dan ini untuk masyarakat Sulawesi Barat," tulis Ali Baal

Kepala Dinas Pertanian Tanawali yang dikonfirmasi membenarkan. Ia menjelaskan bahwa penghargaan tersebut atas program integrasi pertanian di provinsi ke-33 RI ini. Dikatakan, tujuan dari integrasi jagung, sawit dan kakao ini, dalam rangka mewujudkan swasembada jagung. 

"Ini karena berbagai upaya terus dilakukan Menteri Pertanian, termasuk menanam jagung diantara tanaman kelapa sawit dan kakao. Sulbar ssndiri sudah maju selangkah karena sebelum program ini di Sulbar sudah menerapkan itu," jelas Tanawali menjawab pertanyaan wartawan tentang sebab ditunjuknya Sulbar meraih atas penghargaan Adhi Purna Prima. 

“Dengan kegiatan ini petani kelapa sawit dan kakao yang tengah melakukan peremajaan bisa memperoleh pendapatan dari jagung selama tanamannya belum menghasilkan,” pungkas Kadis Tanawali menjelaskan.

Selain itu, lanjutnya, pada tanaman kelapa sawit dan kakao, kegiatan integrasi dengan kelapa juga dilakukan Pemprov Sulbar. Kakao seperti diketahui adalah komoditas unggulan di Sulawesi Barat. 

"Semoga dengan penghargaan ini menjadi motivator bagi semua aparat pertanian dan juga terhadap OPD yang lain pada momen yang lain," harap Kadis Tanawali. (har/red)

comments