Tahun Ini Pemprov Sulbar Anggarkan Lebih Banyak Bantuan Motor Pengangkut Ikan

On Sabtu, Januari 26, 2019

MASALEMBO.COM

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengendarai motor "paqgandeng" ikan (Asrianto/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyerahkan bantuan sarana pemasaran ikan atau motor "paqgandeng" secara simbolis  kepada kelompok pemasaran ikan se-Sulbar di halaman kantor Gubernur, Jumat (25/1/2019).

Sarana pemasaran ikan tersebut merupakan bantuan hibah Pemerintah Sulbar tahun anggaran 2018 melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, pemberian motor paqgandeng tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sulbar.

"Saya lihat ini sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga saya berpikir perlu menganggarkan sarana ini," tutur Ali Baal.

Selain itu, sambung Ali, bantuan tersebut juga sebagai upaya pemerataan penditribusian ikan di Sulbar, khususnya di daerah terpencil. Ia berharap dengan bantuan itu, derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan, terutama dalam menekan angka stunting.

"Dengan begitu masyarakat  mudah memperoleh dan mengkonsumsi ikan, dan pada akhirnya masyarakat memiliki gizi yang baik," sebutnya.

Mantan Bupati Polewali Mandar dua peridoe ini berpesan, agar sarana yang telah diberikan tersebut dapat dijaga, dirawat dengan baik, serta berharap dapat digunakan sesuai peruntukannya.

Ali mengingatkan agar ikan yang didistribusikan tidak mengandung formalin atau bahkan sengaja mencampur bahan berbahaya itu dengan ikan yang akan didistribusikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulbar Parman Parakkasi, mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai salah satu upaya menekan angka stunting di Sulbar. "Makin banyak masyarakat mengkonsumsi ikan terutama yang berada dipelosok, maka permasalahan stunting dapat di atasi," tandas Parman.

Melalui kesempatan itu, Parman mengungkapkan, kelompok pemasaran ikan yang mendapatkan bantuan tersebut, merupakan yang terpilih dari sekian banyak yang mengajukan permohonan. "Yang terpilih ini sudah melalui seleksi sesuai mekanisme yang ada, seperti pengajuan profosal kelompok pemasaran ikan dan terutama yang sangat membutuhkan, serta aturan lain yang ditetapkan tim penyeleksi," terang Parman.

Selain itu, Ia juga menyatakan, tahun ini rencananya kembali mengadakan bantuan serupa dengan jumlah yang lebih banyak, 40 unit.

Adapun jumlah  kelompok penerima bantuan tahun ini, sebanyak 21, tersebar di empat kabupaten, Mamasa dan Polewali Mandar masing-masing dua, Pasangkayu tiga, dan Mamuju 14.

Di akhir kegiatan, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Sekprov Sulbar dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parman Parakkasi melakukan pengecekan sekaligus mengoparasikan motor paqgandeng ikan dengan mengelilingi tempat kegiatan.

Turut hadir Asisten Bidang Pembangunan Ekonomi Hamzah, Asisten Bidang Administrasi Umum Djamila, Staf Ahli Gubernur Ibrahim, serta beberapa pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar. (ant/har)

comments