1.000 Lebih Keping KPT-elektronik Dimusanakan Dukcapil Mamasa

On Sabtu, Februari 23, 2019

MASALEMBO.COM

Pemusnahan ribuan KTP di kantor Disdukcapil Mamasa (Foto: Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat memusnahkan ribuan keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Pemusnahan dilakukan di halaman belakang kantor Disdukcapil, Jumat (22/2/2019) siang. Sebanyak 1.652 keping KPT elektronik itu dimusnahkan dengan cara dibakar.

Ribuan keping KTP elektronik itu dimusnakan karena rusak atau memiliki data tidak valid, yang disebabkan beberapa faktor seperti  rusak fisik ganti status pinda alamat serta terjadinya kesahalan data.  Ribuan KTP itu dimusnakan dengan cara dibakar  di bak sampah belakang kantor Dukcapil Mamasa. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan e-KTP oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab jelang pemilu 2019.



Kepala Dinas Kependudukna dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamasa Semuel mengatakan, pemusnaan KTP ini berdasarkan surat edaran Mentri Dalam Negeri (Mendagri) 13 Desember 2018 lalu, terkait penataan usaha Kartu Tanda Penduduk (KTP) elekronik. Sejak Junuari sudah sebanyak1.652 e-KTP yang sudah dimusnakan Dukcapil Mamasa.

Pihaknya berharap dengan adanya pemusnaan KTP ini bisa meminimalisir penyalagunaan e-KTP jelang pemilu 2019. (frd/har)

comments