56 Persen Laka Lantas Libatkan Milenial, Ini Pesan Kapolda Sulbar di Puncak MRSF

On Minggu, Februari 24, 2019

MASALEMBO.COM

Puluhan ribu orang padati pantai Manakarra Mamuju ikuti MRSF (Foto: Humas Polda Sulbar)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Menurut data Polri, sekitar 30 ribu jiwa meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas tahun lalu, 56 persen adalah generasi milenial, karena kurangnya kesadaran berperilaku positif dalam berlalu lintas.

Data lain menunjukkan, pasar otomotif di Tanah Air kian tumbuh, berkisar satu jutaan unit per tahun. Peningkatan ini dipengaruhi infrastruktur yang mulai tertata membuat makin banyaknya aktivitas berlalu lintas.
Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan kesadaran berperilaku positif dalam berlalu lintas. Banyak korban kecelakaan yang meninggal sia-sia karena hal ini.

Maka melalui Millenial Road Safety Festival (MRSF), Polri terus melakukan sosialisasi, kampanye dan ajakan tertib berlalu lintas. Sasaran milenial tentu menjadi pertimbangan logis Polri, merujuk data di atas.

Di Sulawesi Barat, Kepolisian Daerah (Polda) Sulbar, turut menggelar MRSF. Puncaknya pada Minggu (24/2/2019) pagi di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar oleh jajaran Polres dalam lingkup Polda Sulbar. Mulai dari Polres Majene, Polman, Mamasa dan juga Mamuju Utara (Pasangkayu).

Kapolda Sulbar Brigjend Pol Baharuddin Djafar mengaku, bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Alhamdulillah pelaksanaannya sukses dan mendapat dukungan dari seluruh pihak demi mewujudkan kesadaran berlalu lintas untuk menekan patalitas kecelakaan bagi generasi milenial," ucap Kapolda.

Tak tanggung, sekitar 40 ribu kaum milenial hadir memadati acara ini. Bahkan, sejumlah pejabat daerah dan instansi juga tampak di acara tersebut. Diantaranya Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Sulbar, Bupati Se-Sulbar, para Kapolres, Dandim 1418 Mamuju.
Kapolda Baharuddin dalam sambutannya mengatakan harapan besar melalui kegiatan ini akan terwujud kesedaran milenial dalam berlalu lintas. Kesadaran itu kata Kapolda akan menjadi optimisme menurunkan patalitas kecelakaan dan hilangnya nyawa di jalanan.

“Ayo menjadi generasi milenial yang taat dan patuh hukum berlalu lintas, wujudkan keselamatan demi kemanusian,” ajak Kapolda.

Kegiatan ini ditandai dengan pembacaan deklarasi tertib berlalu lintas dan penandatangan serta pelepasan balon ke udara.

Untuk lebih memeriahkan acara, didirikan stand jajanan maupun stand satker Polda, seperti narkoba serta menampilkan kendaraan yang terlibat kecelakaan agar para milenial peduli dengan keselamatan saat berkendaraan.

Tak kalah menarik, acara MRSF Polda Sulbar di anjungan pantai Manakarra ini, turut dimeriahkan komedian tenar Tukul Arwana dan penyanyi cantik nan seksi Jenita Janet. (awl/har)

comments