Bidang Inilah Yang Paling Bertanggungjawab Menyukseskan Kegiatan Pemerintahan

On Rabu, Februari 27, 2019

MASALEMBO.COM

Rombongan Humas Setda Mateng foto bersama usai mengikuti bimlat di keprotokoleran di Makassar pekan lalu (Foto: dok. Humas Setda Mateng)

MATENG, MASALEMBO.COM -- Sukses tidaknya kegiatan pemerintahan, bergantung siapa yang mengaturnya. 

Jika pengatur acara tidak memiliki pengatahuan khusus tentang keprotokoleran, bisa saja kegiatan menemui kendala. Terlebih saat menghadapi acara resmi pejabat pusat, pemerintah kabupaten dan forkopimda. "Disinilah peran utama humas dan protokol bagaimana mengatur acara agar berjalan aman, lancar dan sukses," kata Kepala Sub Bagian Protokol Setda Mateng, Rosihan Abidin, Selasa (26/2/2019).

Rosihan menjelaskan, bimbingan teknis yang diikuti akhir pekan lalu di Hotel The Rinra Makassar, mengajari teknik keprotokolan negara dan kekonsuleran. Seluruh protokol se Indonesia hadir, termasuk dirinya mewakili Mateng bersama 4 staf protokol. "Protokol adalah pepegang kunci yang memiliki tanggungjawab besar atas kesuksesan dan kelancaran suatu kegiatan pemerintahan," jelasnya. 

Sebab itu pejabat dan staf pelaksana keprotokolan sangat perlu meningkatkan kompetensi. Seperti pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku dalam pengaturan keprotokolan. 

Bimtek tersebut melibatkan sejumlah pejabat penting sebagai narasumber. Diantaranya Dr Andi Hadi yang kini menjabat Dirjen Prokol dan Konsuler, merangkap Kepala Protokol Negara. Ia dibantu Sekretariat Wapres Robby J Prihana, mengupas tentang pengaturan pelayanan keprotokolan dan MC keprotokolan. Guntur Heru Anggoro SSTP dari Kemendagri, membawakan materi etika protokol. Kemudian materi kekonsuleran terkait mekanisme online pembuatan paspor dinas dan exit permit, dibahas habis Direktur Fasilitas Diplomatik Kemenlu John J Boestami 
Staf Protokol dan MC Setda Mateng, Yayan, mengaku banyak menyerap ilmu saat mengikuti bimtek keprotokolan. Pengetahuan tersebut sangat bermanfaat karena berhubungan tugas utamanya. Menurut Yayan, syarat petugas protokol harus percaya diri. "Intinya protokol adalah suatu ekspresi yang menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa di bidang keprotokolan," jelasnya. (jml/riz) 

comments