-->

Hot News

Kodim 1402 Polmas Panen Padi Perdana di Lahan Cetak Sawah Baru

By On Selasa, Februari 12, 2019

Selasa, Februari 12, 2019

Panen padi di Matakali Polewali Mandar (Asrianto/masalembo.com)

POLMAN, MASALEMBO.COM - Kodim 1402 Polmas mulai melakukan panen perdana padi di lahan cetak sawah baru milik Kelompok Tani Kalijodo. Luas sawah yang dipanen 7,5 hektar, terletak di Kelurahan Matakali, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Senin (11/02/2019) 

Mewakili Dandim 1402 Polmas, Kasdim Mayor Inf. Hendrik KK menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian Polman, juga kepada Kelompok Tani Kalijodo, Danramil, Babinsa dan seluruh warga yang  turut mengola lahan sawah baru.

"Panen perdana yang baru saja kita lakukan merupakan hasil kerja keras Babinsa dan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Kalijodo. Ini upaya meningkatkan hasil pertanian bagi masyarakat Kabupaten Polman khususnya di Kelurahan Matakali," kata Kasdim Mayor Inf Hendrik

Dikatakan, kegiatan panen padi perdana ini merupakan bentuk keseriusan Kodim 1402 Polmas dalam mendukung terwujudnya swasembada pangan. Saat selesai proses cetak sawah baru kata dia, beberapa waktu yang lalu Dandim 1402 Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto bersama Distan Polman juga  terjun langsung melaksanakan tanam perdana di lokasi cetak sawah baru untuk memastikan bahwa sawah yang selesai dicetak sudah siap.

"Ini cukup bagus dan diharapkan setelah tanam berikutnya ada peningkatan karena tekstur tanah sudah mulai rata dan aliran irigasi juga sudah semakin baik,” pungkas Hendrik

Ketua Kelompok Tani Kalijodo H. Zaenal menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1402 Polmas yang sudah melakukan pendampingan. Mulai dari sawah ini dicetak sampai panan selalu memberikan semangat kepada masyarakat tani di kelurahan Matakali.

“Sawah baru ini dulunya kebun yang sudah tidak produktif bahkan hutan rumbia. Sekarang sudah menjadi hamparan sawah, itu berkat bantuan TNI dan didampingi oleh Babinsa,” tutur tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua Poktan ini. (ant/har)

comments