KPU Mamasa Mulai Rakit 2 Ribu Lebih Kotak Suara

On Jumat, Februari 08, 2019

MASALEMBO.COM

Suasana saat pihak KPU Mamasa merakit kotak suara (Frendy Cristian/masalembo.com)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Tinggal  dua bulan lebih pemilu serentak 2019 akan dilaksanakan. Komisi Pemilihan Umum di sejumlah daerah sudah mulai merakit kotak suara. Di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, KPU mulai merakit kotak suara sebanyak 2.930. Kotak ini akan dibagi ke 17 kecamatan menjelang pencoblosan.

Ketua KPU Mamasa, Jony Rambulangi mengatakan, perakitan dilaksanakan untuk menghitung jumlah kotak suara yang diterima dari KPU RI, sekaligus mengecek jika ada kotak suara rusak atau tidak layak pakai.

"Sambil dirakit, langsung dihitung dan dicek guna memastikan jumlah kotak suara yang dibutukan KPU Mamasa," kata Joni. 

Perakitan diperkirakan akan berlangsung sampai tiga hari kedepan," ungkap Joni Rambulangi,  Jumat (8/2/2019).

Ia menjelaskan, sebanyak 586 TPS yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Mamasa, sedang jumlah kotak suara yang harus disiapkan di tiap TPS sebanyak 5 kotak suara. KPU Mamasa juga belum mengetahui berapa kotak suara rusak karena masih dalam peyortiran atau perakitan.

Untuk pendistribusian kotak suara, kata Joni, akan dilaksanakan menjelang pemungutan suara sekitar minggu kedua April atau 10 hari sebelum pemungutan suara. Joni berharap pemilu 2019 bisa berjalan dengan baik tanpa kendala.

Sementara, Komisioner KPU lainnya Harun Al-Rasyid menambahkan, jika dalam perakitan kotak suara bakal memakan waktu cukup lama. Diperkirakan sampai 10 Februari pekan depan.

"Jadi mungkin perakitan sampai hari Minggu, setelah itu disimpan ke gudang, sudah disediakan dua gudang KPU," katanya. (frd/har)

comments