Pelatihan Administrasi TP PKK Majene: Permudah Pendataan Masyarakat

On Kamis, Februari 07, 2019

MASALEMBO.COM

Tampak ketua TP PKK Majene Fatmawati Fahmi (putih) saat pelatihan administrasi PKK di Malunda (Foto: Taufik/Humas Pemkab Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kabupaten Majene menggelar pelatihan administrasi bagi pengurus tingkat desa dan kelurahan, Rabu (6/2/2019). 

Kegiatan ini digelar di kantor Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. 

Ketua TP PKK Kabupaten Majene Fatmawati Fahmi mengatakan, pelatihan tersebut diharapkan mampu menciptakan kecakapan diri pengurus PKK di desa dan kelurahan, khususnya dalam hal pengelolaan administrasi. Pasalnya, kata Fatma, pengurus PKK tingkat desa dan kelurahan merupakan ujung tombak PKK. 

"Jadi kenapa kami (PKK Kabupaten) turun, karena ingin melihat sejauh mana pemahaman pengisian data-data, dari masing-masing PKK mulai sekretaris, bendahara dan Pokja," kata Fatma di sela acara ini. 

Fatmawati mengungkap, selama ini, pendataan di tingkat bawah kerap masih menjadi kendala, khususnya dalam pengisian data administrasi dasa wisma PKK yang berbasis di desa/kelurahan. 

"Kalau ada lomba-lomba administrasi PKK, ini juga yang selalu menjadi kendala kita," ucap Ketua PGRI Kecamatan Banggae Timur ini.

Fatmawati juga mengaku, pihaknya ingin melihat secara langsung, potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dari para personil tim penggerak PKK tingkat desa dan kelurahan. Ia berharap, anggota tim PKK khususnya sekretaris dan Pokja, punya kemampuan SDM yang baik, terkhusus penguasaan teknologi informasi (IT). 

"Kenapa ini penting, karena pendataan berjenjang, data yang ada di kelurhan dan desa akan dikirim ke kecamatan, dari kecamatan ke kabupaten, terus ke provinsi sampai pusat. Jadi, kalau salah data di kelurahan dan desa, maka salah semua sampai nasional," ucapnya.

Fatmawati menegaskan, pelatihan administrasi ini akan digelar di seluruh kecamatan di Kabupaten Majene, dengan menghadirkan peserta dari TP PKK tingkat desa dan kelurahan di masing-masing kecamatan tersebut. 

"Untuk hari ini kami di Malunda, insya Allah akan dilaksanakan juga di kecamatan lain karena ini program kerja TP PKK tingkat Kabupaten," kunci Fatma. (adv/red)

comments