Buka Pelatihan Kepemimpinan Adminisrator, Bupati Majene Uraikan 4 Kompetensi

On Senin, Maret 25, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Fahmi Massiara menyampaikan sambutan Pelatihan Kepemimpinan Administrator 3 angkatan IV (Foto: Munirul/Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Bupati Majene H Fahmi Massiara menyampaikan empat kompetensi utama yang jadi target pencapaian Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV yang digelar kerjasama dengan Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (P3MP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar. Kegiatan ini digelar di Aula Tammajarra LPMP Sulawesi Barat, Senin (25/3/2019) dihadiri Sekretaris Provinsi Muhammad Idris DP.

Empat kompetensi yang disampaikan Fahmi, yakni kompetensi inti yang merupakan mindset dan budaya kerja sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam visi misi pembangunan Kabupaten Majene, yakni memiliki pemahaman yang baik terhadap mandat organisasi. Kompetensi kedua kata Fahmi yakni kompetensi manajerial yang merupakan kompetensi untuk mencanangkan, mengorganisasi, mengkoordinasi, dan menggerakkan bawahan untuk mencapai target kinerja yang telah ditentukan berdasarkan rensta OPD masing-masing sesuai dengan tugas peran dan fungsi jabatan. Ketiga adalah kompetensi kepribadian yang merupakan kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan bijaksana, berwibawa, berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi bawahan, rekan kerja dan masyarakat luas.


"Peserta mampu mengevaluasi kinerja sendiri dan mengembangkan diri secara berkelanjutan. Disamping itu pejabat struktural Pemerintah Kabupaten Majene diharapkan memiliki kemampuan dalam berkomunikasi lisan dan tulisan, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional," ucap Fahmi.

Kompetensi keempat, lanjut Fahmi, yakni kompetensi teknis yang merupakan kemampuan penguasaan keahlian sesuai dengan bidang penugasan secara luas dan mendalam.

Fahmi mengatakan, pihaknya memahami bahwa, kompetensi kepemimpinan di Majene masih cukup lemah, baik karena itu lewat pelatihan tingkat 3 angkatan IV Kabupaten Majene ditujukan untuk menciptakan pemimpin yang memiliki persepsi dan pemahaman atas visi-misi Kabupaten Majene mampu mengelola perubahan tantangan dan dinamika serta untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan manajerial pemimpin dalam merespon kebutuhan organisasi.


Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar Muhammad Idris DP menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Majene yang mampu berkolaborasi dengan LAN dalam pelaksanaan pelatihan kepemimpinan tingkat 3 angkatan IV ini.
Idris mengatakan, Majene dengan visi MP3 (Majene Profesional, Produktif dan Proaktif) menunjukkan komitmen daerah ini pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulbar.

"Kalau tidak ada skill yang memadai kita tidak bisa profesional, produktif, proaktif," kata Idris dalam sambutannya.

Sekprov Muhammad Idris juga mengatakan, tanpa pengembangan kompetensi, pejabat struktul tidak berjalan dengan baik, karena itu pihaknya mengapresiasi Pemkab Majene yang menunjukkan keseriusannya dalam pembinaan kompetensi kepemimpinan pegawai Pemkab Majene. (adv/red)

comments