Bupati Fahmi: Produk Warga Binaan Rutan Majene Angkat Kearifan Lokal

On Minggu, Maret 24, 2019

MASALEMBO.COM

Miniatur perahu Sandeq, hasil kreatifitas warga binaan Rutan Kelas II B Majene (Foto: Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Bupati Majene H Fahmi Massiara mengapresiasi hasil kreatifitas warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Majene. Hal itu dikatakan Fahmi saat menghadiri Launching Program Pemasyarakatan untuk Masyarakat PAS to MAS di Rutan Kelas II B Majene, Kamis (21/3/2019). 

"Ini sangat bagus dalam rangka mengangkat kearifan lokal, apalagi jika produk itu jarang ditemui di daerah lain," kata Fahmi kepada sejumlah awak media. 

Bupati mengatakan, hasil produk warga binaan akan mendorong semangat kreatifitas bukan hanya warga binaan tapi juga masyarakat sekitar yang turut dilibatkan dalam pelatihan usaha kreatifitas produk lokal. 



"Kalau ini pemasaran bisa menangkap dalam jumlah yang besar kita bisa melalui dinas Koperindag," tutur Fahmi mengaku mendukung langkah pembinaan pihak Rutan Majene.

Kata dia, pemasaran produk memang masih menjadi kendala, namun pihak Pemkab maupun Rutan akan melakukan upaya agar produk-produk yang dihasilkan bisa laku. "Kan ujung-ujungnya ini pemasaran. Memang harus laku, mestinya begitu," pungkas Fahmi. 

Semenatara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham RI Sulbar Harun Sulianto mengatakan, kagum dengan kerja kreatif warga binaan Rutan Majene. Menurutnya, hal ini sesuai dengan konsep pemasyarakatan bahwa tugas warga binaan adalah menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak melanggar hukum lagi dan menjadi warga negara yang baik dan berguna. 

"Terima kasih kepada Pak Bupati, serta banyak komunitas yang membantu. Ini luar biasa Majene ini," kata Harun. 

Menurut Harun, apa yang dikerjakan di Rutan Majene akan menjadi model untuk Rutan lainnya, juga menjadi modal bagi masyarakat khususnya warga binaan. 

"Luar biasa ini, inikan isunya luar biasa, go green, juga memberdayakan masyarakat," pungkas Harun. (adv/red)

comments