Jelang UNBK-UNKP Guru Dituntut Kreatif Semangati Siswa

On Jumat, Maret 22, 2019

MASALEMBO.COM

Iskandar (ist)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Majene Iskandar mengimbau, kepada orang tua serta 
guru di sekolah untuk memaksimalkan proses pembelajaran tentang materi Ujian Nasional (UN).

Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tidak lama lagi akan di gelar, "Diimbau seluruh guru yang mengajar di sekolah agar lebih aktif dan kreatif untuk mencari pola dalam memotivasi siswa menghadapi ujian nanti," tutur Iskandar, Kamis 21 Maret.

Ia juga meminta orang tua siswa agar mengurangi aktivitas anaknya diluar rumah dan fokus pada pembelajaran materi ujian yang diperoleh di sekolah."Peran guru tetap memberikan motivasi kepada siswa, agar siawa lebih semangat belajar," katanya.

Selain itu, para kepala sekolah harus tetap mengingatkan guru untuk terus meningkatkan minat dan kemauan siswa untuk tetap belajar, sehingga para peserta siap menghadapi apa pun bentuk ujian yang ditetapkan pemerintah.

"Peran orang tua, sangat menentukan tingkat keberhasilan dan kelulusan siswa dalam mengikuti UN. Kemudian bagi anak-anak yang akan mengikuti
ujian Nasional, mulailah belajar dengan tekun, dan saya meminta kepada siswa untuk meningkatkan disiplin waktu dan perbanyak ibadah serta
berdoa," ajak Iskandar.

Ia mengingatkan, kepada para siswa untuk tidak terpengaruh dengan perkembangan zaman, yang semakin meningkatnya kenakalan remaja, mulai
dari narkoba, pergaulan bebas dan lainnya."Semakin tingginya tingkat ibadah, siswa akan merubah perilaku yang tidak baik menjadi baik," ujarnya.

Menurutnya, inti keberhasilan dalam proses belajar mengajar di. sekolah sangat tergantung kepada keterlibatan peran aktif dari orang tua dan peserta didik. Guru melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah dan peserta didik menjalankan aktivitas belajar dengan semangat.

"Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran, yaitu kesiapan siswa dalam belajar. Kesiapan ini penting sebagai awal untuk melakukan suatu aktivitas termasuk dalam belajar," tandasnya.(Adv)

comments