Kegiatan Ini untuk Memastikan Kondisi Kesehatan Anggota Polri

On Selasa, Maret 12, 2019

MASALEMBO.COM

Pemeriksaan kesehatan rutin anggota Polri digelar di Polres Polman, Selasa 12 Maret 2019 (Foto: Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Ratusan personil anggota Polres Polewali Mandar menjalani pemeriksaan kesehatan berkala yang dilakukan oleh tim Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulawesi Barat.

Pemeriksaan kesehatan ini berlangsung di klinik Bhayangakra Polres Polman, Selasa (12/3/2019). Satu persatu personil diperiksa mulai dari kesehatan fisik, gigi, dan pemeriksaan kesehatan lainnya. 

Selain pemeriksaan fisik, seperti umur, kesehatan gigi, tensi darah, laboratorium, serta beberapa pemeriksan kesehatan lain yang dilakukan, darah, ronseng, dan jantung, dan narkoba.

Kepala Bidang Kedokteran Kesehatan Polda Sulbar, drg. Muhammad Zakir, mengatakan, kegiatan ini merupakan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi anggota Polri yang bertujuan untuk memantau dan mendeteksi apakah ada penyakit atau kelainan kesehatan anggota Polri.

Fungsi dari pemeriksaan kesehatan ini diharapkan secara dini bisa melihat anggota atau personil yang saki.

"Bila kita temukan sakit yang butuh perawatan lebih lanjut, tentunya nanti kita akan konsultasi untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan lebih di rumah sakit,"sambungnya.

Pemeriksaan kesehatan ini kata Muzakkir akan berlangsung selama tiga hari, mulai pada hari Senin lalu dan berakhir Rabu besok. Dimulai dari Polres Polman, kemudian berlanjut ke wilayah polres lainnya yang ada di Wilayah Sulbar.

"Di Polman selama tiga hari, baru kemudian besok ke Polres Majene," ungkapnya.

Untuk hasil pemeriksaannya, hasilnya nanti  akan dibuatkan rekomendasi dari dokter yang memeriksa, kemudian akan menyampaikan kepada masing-masing personel, sakit apa yang dideritanya. 

"Nanti ada saran medis dari dokter untuk menindaklanjuti perawatan. Dan kita dari Biddokes akan tetap memdampingi dari sisi perawatannya," jelasnya.

Dalam pemeriksaan ini, Biddokes menggandeng dari perusahaan Kimia Farma, dengan alasan alat medis dan sangat lengkap dan obat-obatan lengkap.

Dari hasil awal pemeriksaan fisik yang tampak hanya secara fisik seperti kesehatan gigi yang masih banyak kurang diperhatikan, seperti banyaknya gigi berlubang dan karang gigi.

"Mungkin karena pengaruh rokok, banyak minum kopi dan teh sehingga mengendap akrang giginya,"  pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Polman, AKBP muhammad Rifai, mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu wajib kepada seluruh personil. Hari ini kebetulan giliran dari Polres Polman melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Rifai menjelaskan, bahwa pemeriksaan kesehatan ini tentu sangat baik sekali untuk mengecek kesehatan personil secara berkala, karena dari kesehatan itulah personil dapat melihat kesiapannya dalam melaksanakan tugasnya dalam melayani masyarakat.

"Jadi kalau kita sehat berdasarkan pengecekanan itu berati kita siap dalam melayani masyarakat. tapi manakala awal kita mengalami gangguan kesehatan, bisa kita obati sejak dini, bisa diantisipasi penyakit itu," imbuhnya.

Kapolres mengakui bahwa, Polres Polman memang memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap diantara Polres lain, karena memiliki tempat rawat inap bagi anggota atau personil yang harus menjalani rawat inap.

"Fasilitas kesehatan di Klinik Polres Polman sangat baik, sudah ada alat pemeriksaan gigi dan ruang rawat inapnya," pungkasnya. (ant/har)

comments