Mamasa Menyimpan Sejumlah Potensi Air Terjun Mempesona

On Rabu, Maret 20, 2019

MASALEMBO.COM

(Pesona Air Terjun Malute di Mamasa Sulawesi Barat. Foto : Frendy Christian)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Air terjun Malute adalah salah satu air terjun yang berada di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Air terjun ini memiliki keindahan tersendiri dibanding dengan air terjun pada umunya. Air terjun ini memiliki delapan tingkatan secara bersusun terletak di Lombonan, Desa Lambanan, Kabupaten Mamasa.

Air terjun dengan ketinggian sekira 100 meter ini memiliki keistimewaan tersendiri. 8 tingkat aliran air terjun  Indah dan mempesona. Belum lagi, air yang jatuh disertai percikan embun saat berada di sekitar lokasi air terjun, membuat traveler jadi betah berlama-lama. Sejuk dan dingin.

Tak cukup rasanya beberapa menit menikmati suasana destinasi tersembunyi di alam quarles  Kabupaten Mamasa ini. Suasana hutan belantara asri dan alami membuat setiap pengunjung akan betah berlama-lama di kawasan air terjun. Tidak itu saja. Momen mendokumentasikan air terjun, dengan mata kamera digital dan smartphone, tidak mau ketinggalan.

Perjalanan pun wisatawan bakal disuguhi anak sungai. Tidak terlalu besar. Dingin, airnya. Nyanyian suara hewan bersayap pun terdengar saling sahut menyaut. Dari kejauhan terlihat pepohonan menjulang tinggi. Berbagai tanaman hutan tumbuh di kawasan ini. Termasuk, pohon berdiameter satu hingga dua meter. Bahkan, lebih. 

Berjarak sekira 10 km dari Kota Ibu Kota Mamasa, destinasi Air Terjun ini , dapat dinikmati dengan menempuh perjalanan darat. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua, tidak kurang dari 30 menit dari Kota Mamasa dengan melalui jalan Poros  Mamasa–Toraja. Selanjutnya melakukan trekking menyusuri lereng pegunungan  sekitar 1 km dengan jangka waktu normal perjalan sekitar 15 menit, sepanjang perjalanan kita disuguhi panorama hutan belantara yang asli Mamasa yang begitu menawan.

“Air terjun ini begitu mempesona dan indah, meski  kita harus trekking sekitar 15 menit namun rasa lelah dan penat terbayar lunas ketika kita sudah berada disini menikmati air terjun yang bersusun rapi nan indah,”ungkap Mia salah satung pengunjung yang ditemui dilokasi ini, Sabtu (16/3/2019) pekan lalu.

Sayang seribu sayang dilokasi itu belum ada fasilitas lainnya seperti toilet, rest area, vila maupun fasilitas lainnya sehingga bagi yang ingin berkunjung ke wisata ini sebaiknya, meyiapkan semua perlengkapan terlebih dahulu seperti membawa makanan dan perlatan lainya yang dibutukan saat berwisata.

Di dekat air terjun ini, tinggal sepasang suami istri yang menjadi penjaga tempat wisata. Air terjun ini mulai populer sejak 2017 yang lalu, dan sudah puluhan ribu wisatawan baik dari manca negara maupun wisatawan lokal yang sudah berkunjung ketempat wisata ini. (frd)

comments