Pelajar Tewas Hanyut Tenggelam Saat Mandi di Sungai

On Selasa, Maret 19, 2019

MASALEMBO.COM

Warga evakuasi jenazah pelajar yang tewas di sungai (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Seorang pelajar yang masih duduk dibangku kelas II SMP, di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar, tewas setelah tenggelam dan hanyut di sungai Rea Barat, Kelurahan Madatte, Minggu (17/3/2019). Korban diketahui bernama Hidayat (13 tahun), warga jalan Pembangunan Berlanjut BTN Pesona Taman Madatte, blok C, nomor 11.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polman, Sarifuddin, mengatakan, kronologis kejadian berawal, saat korban bersama Enam orang rekannya, sekitar pukul 10.00 Wita, sedang mandi-mandi di sungai Rea, yang letaknya sekitar 500 meter dan tidak jauh dari rumahnya. 

Saat korban sedang melompat dan salto, disusul oleh temannya. Namun ia tertimpa oleh salah satu temannya, sehinga membuat korban pingsan dan tidak sadarkan diri.

Korban sempat melambaikan tangan untuk meminta pertolongan namun, tidak dihiraukan oleh rekannya. Disangkanya korban hanya main-main oleh rekannya.

Rekannya sempat mencari namun tidak berhasil menemukan korban. Setelah melakukan pencarian, rekannya mulai takut. Mereka semua pun kembali ke kampung. Karena takut, mereka tidak menceritakan kejadian ini kepada warag dan keluarga korban. Nanti sekitar pukul 12:00, rekan-rekan korban baru melaporkan kejadian ini kepada orang tua korban.

Upaya pencarian dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polairud, dan dibantu oleh warga sekitar. Pencarian berlangsung selama hampir kurang lebih tiga jam. Tim pencari melakukan pencarian dengan menyusuri bantaran sungai mulai dari tempat awal korban dinyatakan hilang, hingga ke muara. 

Setelah mencari jauh, jasad korban akhirnya ditemukan oleh warga dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Lokasi penemuan korban berada jauh, sekitar satu kilo meter dari lokasi tempat korban mandi.

"Waktu ditemukan, jasad korban tersangkut di batang pohon,"kata Risal, warga rea yang ikut melakukan pencarian.

Warga kemudian membawa korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polewali, namun tim medis menyatakan korban sudah meninggal dunia.

Kapolsek Polewali AKP Samsu Rijal, yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah mendatangi rumah duka untuk mengetahui penyebab pasti kematian korban.

"Ya, informasinya demikian, namun kami masih dalami dan meminta keterangan dari pihak keluarga untuk memastikan penyebab sehingga korban sampai tenggelam"ungkapnya.

Jenazah korban kini disemayamkan dirumah duka dijalan Pembangunan Berlanjut BTN Pesona Taman Madatte, blok C, nomor 11. Buhari, ayah korban enggan untuk dimintai keterangan, ia masih sangat terpukul atas kejadian ini. Rencananya, jenazah akan dimakamkan pada hari Senin besok. (ant/har)

comments