Pemkab Majene Gelontorkan Rp 12 Miliar untuk Iuran Kartu KIS

On Kamis, Maret 07, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Fahmi Massiara menyerahkan kartu KIS kepada warga Lembang (Foto: Munirul/Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat kembali menggelontorkan dana Rp12 miliar untuk pembayaran Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) daerah tahun 2019. Bupati Majene H Fahmi Massiara mengatakan, dana itu dialokasikan setiap tahun, untuk mengcover warga kurang mampu di luar  penerima PBI pusat dan provinsi. 

"Jadi tidak ada lagi tidak kena, semua warga kita sudah penerima KIS dan Majene satu-satunya kabupaten di Sulbar yang menerima UHC (Universal Health Coverage)," kata Fahmi saat menyerahkan kartu KIS di Kelurahan Lembang, Kecamatan Banggae Timur, Sabtu (2/3/2019).



Kata Fahmi, UHC adalah program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mengahadapi kesulitan finansial. Hal ini ditunjang dengan pelayanan fasilitas kesehatan yang berkualitas. Penetapan UCH terhadap Kabupaten/Kota dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan indikator berstandar WHO.

Bupati Fahmi meminta, agar penerima PBI KIS baik pusat, provinsi maupun daerah yang meninggal dunia, agar melapor ke Dinas Sosial melalui pemerintah desa atau kelurahan, agar segera dicarikan pengganti.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Ahmadia mengatakan, warga Majene sudah selayak menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Majene. Kata dia, penerimaan kartu KIS untuk masyarakat tak lepas dari perjuangan keras Pemkab Majene. "Kartu ini tidak datang begitu saja, ini berkat kerja keras pemerintah Majene, ini berkat perjuangan bapak bupati, mengurus bahkan sampai ke pusat," terang Kadinsos. 



Kadindes Ahmadia mengatakan, tak menutup kemungkinan, ada keluarga atau anggota masyarakat yang menerima ganda kartu KIS, ia berharap agar dilaporkan demi untuk perbaikan data. "Kalau ada yang double tolong dilaporkan, misalnya mempunyai KIS pusat mempunyai juga KIS daerah APBD, tolong dilaporkan, siapa tahu masih ada warga kita lain yang masih membutuhkan," harap Ahamdia.

Acara penyerahan kartu KIS ini turut dihadiri Camat Banggae Timur, Lurah Labuang dan Bhabinkamtibmas daerah setempat dan ratusan warga penerima kartu KIS di Lembang. (adv/red)

Foto: Munirul/Humas Setda Majene

comments