Disdikpora Majene Dorong Gerakan Literasi Masuk Desa

On Sabtu, Maret 23, 2019

MASALEMBO.COM

Pengesahan peserta pelatihan kewirausahaan pemuda di Taukong, Kecamatan Ulumanda (egi/masalembo.com)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Majene mendorong upaya tumbuhnya minat baca di pedesaan di berbagai tempat di Kabupaten Majene. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan PAUD Abd Rahman saat menghadiri Pelatihan Kewirausahaan Pemuda di Taukong, Desa Tandeallo, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Jumat (22/3/2019).


"Saat ini kami ada MoU dengan Kemendikbud, tentang gerakan Indonesia membaca. Karena itu, kami mendorong agar di Taukong ini ada taman baca," kata Rahman.

Rahman mengatakan, berharap di Taukong dan Kecamatan Ulumanda pada umumnya, lahir Taman Baca Masyarakat (TBM) yang dikelola pemuda. Hal itu kata dia, untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini. 


"Kita tahu, kita kenal, banyak tokoh-tokoh berprestasi lahir di sini, karena itu kita berharap agar peningkatan SDM tetap ditingkatkan kedepannya," ucapnya.

Rahman menegaskan, Pemkab Majene akan terus berkolaborasi dengan kelompok-kelompok penggiat literasi. "Termasuk di Ulumanda jika sudah terbentuk TMB," katanya.


Pelatihan kewirausahaan pemuda ini, diharapkan Rahman sebagai jalan peningkatan kompetensi pemuda, mendorong kreatifitas anak muda dan semangat interpreneur pemuda desa untuk usaha kecil menengah di daerah pedesaan.

Pelatihan ini diikuti puluhan pemuda dari tiga desa di Kecamatan Ulumanda. Yakni, Tandeallo, Panggalo dan Kabiraan. Selain Abd Rahman, hadir sebagai pembicara, pemimpin redaksi masalembo.com Harmegi Amin serta pembicara lainnya dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Orahraga Kabupaten Majene. (adv)

comments