Pengurus Perumda Dilantik, Pemprov Sulbar Yakin Dapat PI Migas Sebuku

On Kamis, Maret 14, 2019

MASALEMBO.COM

Gubernur Sulbar lantik pengurus Perumda Energi Sebuku Malaqbi (egi/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yakin mendapat saham participasing interest (PI) pengelolaan migas blok Sebuku pulau Lerekleran. Hal itu disampaikan Kepala Biro Tata Pemerintahan Abd. Wahab Hasan Sulur, Kamis (14/3/2019).

Dihubungi usai pelantikan Pengurus Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sebuku Energi Malaqbi, Abd. Wahab menjelaskan, semua dokumen syarat penyertaan saham PI telah diselesaikan, yang terakhir kepengurusan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah yang dilantik hari ini. "Sudah lengkap, sudah pelantikan juga tadi toh, tambah lengkap," kata Wahab kepada wartawan masalembo.com, Kamis. 

Wahab mengatakan, kepengurusan Perumda yang baru saja dilantik oleh gubernur Ali Baal Masdar sekaligus melengkapi dokumen yang diminta oleh perusahaan pengelola migas blok Sebuku, yakni PT Mubadala Petroleum.

Kata dia, Sulbar menerima saham PI 10 persen berdasarkan notulensi di istana Wapres 2015 lalu. Namun merujuk pada Peraturan Menteri ESDM nomor 37 tahun 2016, saham PI Sulbar akan digendong oleh perusahaan PT Mubadala Petroleum sebagai pengelola. "Nanti kalau ada incomenya maka akan dipotong," ucap Wahab.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Majene, Iskandar, yang dihubungi terpisah mengatakan, Pemda Majene juga tengah menyusun BUMD Perusahaan Daerah. Sebelumnya kata Iskandar, Pemkab Majene menunggu pengesahan Perusda Provinsi Sulbar tersebut. "Jadi itu yang ditunggu, dokumen itu (Perusda Sulbar, red), kan itu syarat yang diminta sama perusahaan pengelola," ucap Iskandar.

Iskandar juga menyinggung tidak munculnya asumsi pendapatan dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Majene dari pengelolaan migas Sebuku. Kata dia, PI tidak akan masuk ke Pemkab, tapi melalui Perusda. "Jadi kita business to business, jadi tidak akan masuk ke Pemkab itu," ucap Iskandar. 

Pelantikan Pengurus BUMD Perumda Sulbar

Bertempat di lantai 4 auditorium kantor gubernur Sulbar, Gubernur Ali Baal Masdar pelantikan pengurus BUMD Perusda Sebuku Energi Malaqbi Periode 2018-2023. Lahirnya Perusda ini akan berperan sebagai perusahaan penerima PI pengelolaan migas Sebuku.

Pelantikan dihadiri perwakilan Kapolda Sulbar, dan perwakilan Danrem 142 Tatag, serta sejumlah pimpinan OPD.

Pengurus BUMD Sebuku Energi Malaqbi, yakni:

Direktur Utama: Haris Hanafig, SE., MM
- Direktur Operasional: Asrul Abu, SP
- Direktur Keuangan dan SDM: Arifuddin, AM, SE

Badan Pengawas: 

1. Sekretaris Daerah: Muhammad Idris DP
2. Kepala Dinas ESDM: Amri Eka Sakti
3. Unsur Independen: Abd. Kadir (Unsur Independen)

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat menyampaikan sambutan berharap, Perumda Sebuku Energi Malaqbi dapat bekerja dengan baik, mendapat kepercayaan masyakat. 

Baca jugaKembali Memanas, Sulbar Dikabarkan Batal Menerima PI Migas Sebuku

Gubernur Ali Baal Masdar mengatakan pihak optimis mendapat Participasing Interest (PI) blok Sebuku, ia mengaku jika ada pembatalan dari pemerintah pusat pihaknya akan membawanya ke pengadilan. (har/red)

comments