Pertamina dan Disperdag Mamuju Sosialisasi Penggunaan Tabung 3 Kg

On Jumat, Maret 29, 2019

MASALEMBO.COM

Sosialisasi di Ibad Laundry (Awal S/masalembo.com)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Mengantisipasi kelangkaan tabung melon 3 kilogram, pengawas pertamina wilayah I Parepare, Palopo dan Mamuju melakukan sosialisasi di sejumlah tempat usaha.

Sosialisasi menggandeng Dinas Perdagangan (Disperdag) Mamuju. Mereka turun bersama mensosialisasikan penggunaan tabung 5,5 dan 12 kilogram bagi pelaku usaha seperti usaha laundry, rumah makan, restauran, industri dan hotel.

Pengawas DPCW 1 Pertamina wilayah Parepare, Palopo dan Mamuju, Risal Arsyad Murdat mengatakan, tujuan sosialisasi agar para pelaku usaha beralih menggunakan tabung gas elpiji 5,5 dan 12 kilogram. "Kita himbau agar pengguna 3 kilogram beralih menggunakan tabung 5,5 dan 12 kilogram," ucap Risal.

Menurutnya, tabung 3 kilogram merupakan subsidi dari pemerintah yang peruntukannya bagi masyarakat miskin. Sehingga, tabung melon tersebut hanya dapat dipakai oleh warga tidak mampu.

Sosialisasi ini merupakan yang perdana di Mamuju Sulbar. Sosialisasi merajuk pada Peraturan Menteri No.13 Tahun 2018 Pasal 13 yang mengatakan penggunaan LPG 3 kilogram merupakan barang subsidi dan peruntukannya bagi masyarakat rumah miskin, usaha mikro dan nelayan kecil.

Tempat usaha yang dikunjungi tim sosialisasi ini, antara lain Ibad laundry di Jl. Bau Massepe Kelurahan Rimuku, juga rumah makan Chinese Food, rumah makan Arafah, Cita Rasa di Jl. Yos Sudarso dan sejumlah rumah makan lainnya.

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Mamuju Achmad Setiawan yang ikut dalam sosialisasi tersebut mengatakan, sosialisasi untuk menghimbau pelaku usaha yang tadinya menggunakan tabung 3 kilogram agar beralih menggunakan tabung non subsidi 5,5 dan 12 kilogram.

"Ini masih tahap sosialisasi, jika nantinya masih kita temukan maka kita akan lakukan tindakan tegas," ucapnya. (awl/har)

comments