Gaya Bupati Fahmi Saat Mengunjungi Petani Padi Ladang di Pegunungan Tubo

On Minggu, April 07, 2019

MASALEMBO.COM

Bupati Fahmi Massiara memeriksa padi ladang milik petani Batang Lopi Desa Onang Kecamatan Tubo (Taufik/Humas Setda Majene)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Bupati Majene H Fahmi Massiara melakukan kunjungan ke Dusun Batang Lopi, di pegunungan Desa Onang, Kecamatan Tubo Sendana, Minggu (7/4/2019) pagi. Bupati mendtangi lahan persiapan penanaman cabai yang sebelumnya diolah untuk lahan kebun padi ladang. 

Saat bertemu warga, bupati menyampaikan pihaknya mendukung aktifitas masyarakat mengembangkan aktifitas petanian mereka, terlebih kesiapan warga tani melakukan penanaman cabai. Namun, bupati mengingatkan agar kawasan pertanian mereka tetap aman dari kawasan hutan lindung. Ia juga menyebut, perlunya perbaikan akses jalan menuju kebun warga agar mobilitas petani bisa berjalan baik dalam mengangkut hasil-hasil pertanian mereka.



"Kalau macam di Batang Lopi ini, saya kira tidak terlalu berat, kita tinggal memperbaiki akses jalan untuk memperlancar daripada produksi petani," ucap Fahmi dalam sambutan singkatnya.

Untuk pembebasan kawasan, bupati mengaku akan melakukan upaya konsultasi ke Makassar ataupun ke Jakarta demi membebaskan kawasan yang penting sebagai lahan produksi masyarakat. 

"Alhamdulillah kita bisa melihat hasil panen dari masyarakat ini cukup memberikan hasil, mudah-mudahan ini kalau dijual bisa lagi dipake untuk kebutuhan keluarga," ucap mantan camat Banggae Timur. 

Bupati Fahmi menjelaskan, usai panen padi ladang ini, Dinas Pertanian Majene akan menurunkan bibit cabai juga bawang putih untuk menjaga kondisi lahan tetap produktif. 



Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majene Hj Fatmawati Fahmi yang turut hadir mengatakan, PKK Majene telah menyiapkan dukungan khususnya kepada ibu-ibu petani di Onang. Ia juga menyinggung program keindahan dan penataan kawasan pertanian warga di seluruh Kabupaten Majene. Fatma mengatakan, kehadiran PKK diantara program kerja pemerintah, lebih dominan kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya ibu dan anak sebagai pijakan keluarga bahagia terencana.

"Alhamdulillah di sini saya liat anak-anak sehat-sehat semua, tidak ada saya liat yang stunting," kata Fatmawati. 

Fatma juga menjanjikan akan memberikan paket sembako sebagai oleh-oleh dari Pemkab Majene melalui PKK. "Insya Allah ibu-ibu di sini saya akan prioritaskan, melalui siapa saja, silahkan dicatat namanya," ucapnya.

PKK Kabupaten Majene lanjut Fatma, juga mengajak ibu-ibu untuk menanam tanaman-tanaman penyokong kebutuhan pangan masayakat di pekarangan atau lingkungan tempat tinggal mereka. Ini untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat khususnya ibu dan anak-anak. 

"Mudah-mudahan kesejahteraan kita semakin bagus, kita patut berterima kasih kepada pemerintahan sekarang semoga tetap bisa berlanjut, salam para petani," tutup Fatma. (adv/red)

comments