Hari Pertama Menyortir, KPU Mateng Temukan Surat Suara Rusak

On Jumat, April 05, 2019

MASALEMBO.COM

Penyortiran dan pelipatan surat suara KPU Mateng (Jamal/masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju Tengah (Mateng) mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019 sore tadi, Kamis (4/4/2019).   

Penyortiran berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Benteng Desa Tobadak Kecamatan Tobadak. Kegiatan ini melibatkan 150 tenaga dari masyarakat umum. "Sebenarnya tenaga sortir yang disiapkan sebanyak 200, tapi kondisi gedung hanya mampu menampung 150 orang," kata Sekretaris KPU Mateng Akhmad  Nuhung, saat ditemui di GOR Benteng, sore tadi.        

Menurut Akhmad total surat suara yang disortir berkisar 380 ribu. Proses ini diteget akan tuntas empat hari kedepan. Sebab tenaga yang digunakan akan bekerja secara bergantian hingga malam. Kalaupun ada yang berhenti akan digantikan dari 50 tenaga cadangan. "Kita mulai sortir jam tiga sore (Pukul 15.00 WITA,red) dan sudah ada ditemukan surat suara yang terkena rembesan tinta. Tapi  jumlahnya belum kita pastikan," jelasnya. 

Hingga menjelang petang proses penyortiran berjalan lancar. "Tidak ada kendala," tambah Akhmad.    

Pantauan wartawan, tampak Ketua Bawaslu Mateng Elmansyah mengawasi kegiatan. Sementara sejumlah personel kepolisian terlihat berjaga disekitar GOR Benteng. (jml/riz)  

comments