KPU Mamasa Libatkan 600 Orang Pelipatan Surat Suara

On Senin, April 01, 2019

MASALEMBO.COM

Pelipatan dan Penyortiran Surat Suara Pemilu KPU Mamasa (Foto: Frendy Christian)

MAMASA, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilu 2019, Senin (1/4/2019). Ratusan ribu surat suara yang tiba di KPU Mamasa malam kemarin, mulai disortir dan dilipat. Pelipatan melibatkan  masyarakat umum dan sejumlah mahasiswa ataupun pelajar di daerah ini.

Sekitar 600 orang yang terlibat dalam pelipatan surat suara, mulai dari ibu rumah tangga, pelajar dan mahasiswa hingga orang tua. Mereka bekerja dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdapat delapan orang, mulai menyortir dan melipat sejak pukul 09:00 pagi hingga pukul 16:00 Wita sore nanti.

Para pekerja ini, diupah Rp200 per satu lembar surat suara untuk surat suara DPR RI, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Sementara untuk surat suara DPD diberi upah Rp150 rupiah per lembar. Surat suara untuk presiden dan wakil presiden sendiri, upah pelipatannya Rp100 per lembar.

Herman, salah satu pemuda yang ikut melipat mengatakan, ia dan teman-temanya sengaja ikut melakukan pelipatan suara suara untuk mencari rezeki, ketimbang  tinggal saja di rumah.

Sementara, Komisioner KPU Mamasa  Devisi  Data, Harun Al Rasid, mengatakan, pelipatan dan peyortiran ini dibagi di lima tempat sesuai jenis surat suara sperti Pilpres, DPR RI, Provinsi, Kabupaten/Kota dan DPD. "Kelimanya jenis kertas suara itu didisortir dan dilipat di masing-masing tempat berbeda," kata Harun.

Lima tempat pelipatan surat suara, masing-masing aula Dinas Penddidkan Mamasa, aula PKK, aula SMA 1 Mamasa dan gedung KPU Mamasa.

"Pelipatan dan peyortiran ini akan ditargetkan selesai dalam dua hari, mulai hari ini hingga besok," terang Harun. (frd/har)

comments