KPU Polman Kekurangan Ribuan Logistik Pemilu

On Sabtu, April 13, 2019

MASALEMBO.COM


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar masih kekurangan ribuan logistik Pemilu 2019.

Logistik yang kurang adalah surat suara. KPU Polman masih kekurangan 6.843 surat suara. Logistik pemilu ini terdiri dari surat suara Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Selain surat suara, beberapa logistik lainnya juga masih kurang, diantaranya surat formulir, formulir seri C, alas coblos, serta perlengkapan lain yang aka digunakan pada TPS.

Akibat kekurangan logistik ini, distribusi logistik ke beberapa wilayah kecamatan menjadi tertunda. Wilayah kecamatan yang menjadi tertunda diantaranya, kecamatan Polewali (Dapil 1), Tinambung (Dapil 2),  Campapalgian (Dapil 3), Wonomulyo (Dapil 4), Anreapi (Dapil 5).

"Iya, ada beberapa kecamatan yang tertunda karena kami tidak mungki. Distrbusikan logistik kalau semuanya tidak lengkap,"jelas Rudianto, Jumat (12/4/2019).

Ketua KPU Polman Rudianto mengatakan, kekurangan ribuan surat suara ini akibat banyaknya surat suara yang rusak. Kerusakan ini beragam mulai dari kertas sobek, tinta meluber, dan gambar cetakan tidak berwarna.

"Umumnya banyak yang robek. Kerusakan ini murni kesalahan percetakan,"tuturnya.

Pihak KPU Polman berharap, surat suara dan logsitik lainnnya bisa tiba secepatnya mengingat hari pencoblosan tinghal mwyisakan lima hari lagi.

Untuk memenuhi kekurangan logsitik tersebut, KPU Polman telah membuat laporan berita acara ke KPU Provinsi dan KPU RI untuk mengajukan pergantian surat suara yang rusak. Naunn hingga hari ini syarat suara pengganti dari pihak percetakan belum diterima oleh KPU Polman.

"Ini yang jadi masalah, karena prosesnya harus melalui KPU Provinsi lalu kemudian ke KPU RI. Sebab pihak percetakantidak mau mencetak tanpa ada surat laporan dari KPU RI. Semoga suara pengganti ini bisa tiba secepatnya, agar bis segera di distribusikan,"kata dia.

Kendati surat suara pengganti belum diterima,  namun KPU Polman tetap optimis, distribusi logistik pemilu ke wilayah yang sempat tertunda bisa rampung sebelum hari H.

Sebelumnya, KPU Polman telah menerima surat suara Pemilu 2019 sebanyak 1.556.712 lembar. Dari jumlah ini, sebanyak 6.843 lembar ditemukan rusak. (ant/har)

comments