Pantau Pemilu, JPPR Sulbar Siapkan 200 Relawan

On Minggu, April 07, 2019

MASALEMBO.COM

Kordinator Daerah JPPR Sulbar, Firdaus Abdullah (ist)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) memastikan ikut serta dalam pemantauan Pemilu 2019. Untuk provinsi Sulawesi Barat, organisasi masyarakat ini menyiapkan hingga 200 relawan pemantau di seluruh kabupaten.

Koordinator Daerah (Korda) JPPR Sulbar Firdaus Abdullah mengatakan, saat ini, pihaknya mulai merekrut relawan pemantau di enam kabupaten di Sulbar. Nantinya, mereka (para pemantau) akan ditempatkan di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjelang dan hari pencoblosan Pemilu 17 April bulan ini.

"Kita sudah bicara dengan Sekretaris Nasional, untuk Sulbar kita dimintau pemantau 200 orang," kata Firdaus, Minggu (7/4/2019)

Lebih lanjut Firdaus menjelaskan, untuk teknis pemantauan, pengurus JPPR Sulawesi Barat, terlebih dahulu akan mengikuti pelatihan, rencananya akan digelar Senin (8/4/2019) besok di Kabupaten Polewali Mandar. 

Sementara itu, Manager Pemantau JPPR Pusat, Alwan Ola Riantoby mengatakan, akan melakukan pemantaun di 15 Provinsi, salah satunya Sulawesi Barat. Objek pemantauan JPPR adalah melakukan pemantauan proses, masa tenang dan pemungutan dan penghitungan suara. 

"Tujuan pamantauan adalah meminimalisir kecurangan dan pelanggaran," kata Alwan melalui keterangan singkatnya lewat Korda JPPR Sulbar.

Selain itu lanjut Alwan, pemantauan yang dilakukan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam proses Pemilu 2019. (har/red)

comments