Sambut Musim Penyu Bertelur, IAD Kejari Polman Gelar Kegiatan Ini di Pantai Mampie

On Jumat, April 05, 2019

MASALEMBO.COM

Tim Kejari Polman menggelar bersih pantai Mampie (Foto: Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Memasuki musim penyu bertelur, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri Polewali menghelat "Gerakan Indonesia Bersih, Indonesia Bebas Sampah Plastik" di Kawasan konservasi rumah penyu pantai Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Jumat (5/4/2019).

Kegiatan dipimpin Ny Lilia Helut bersama sejumlah pegawai Kejaksaan Polewali Mandar, Komunitas Sahabat Penyu dan pemerhati lingkungan. 

Kegiatan merupakan bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai bebas sampah plastik, sekaligus bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan khususnya satwa dilindungi yaitu Penyu. Sebagaimana diketahui bahwa, bulan April hingga Juli merupakan musim bertelur penyu di Polewali Mandar khususnya di pantai Mampie.

"Inikan kawasan penyu bertelur, jadi alangkah senangnya penyu bertelur ketika pantai itu bersih," kata Lili Helut.

"Kami fokus pada sampah plastik karena itu sangat sulit terurai, apalgi ini daerah pantai sangat mudah tercemar dan merusak keindahan alam," tambahnya.

Ketua IAD Kejakasaan Negeri Polewali ini mengajak untuk tidak buang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan plastik.

Dalam kegiatan aksi Gerakan Indonesia Bersih ini turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Polman Muhammad Ilham Samuda beserta jajaran sebagai bentuk dukungan penuh atas gerakan tersebut.

"Kegiatan seperti ini terus kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kita pada lingkungan," ujar Ilham

Ketua Sahabat Penyu Mampie, Muhammad Yusri mengatakan, saat ini memang memasuki musim bertelur, sehingga Sahabat Penyu khususnya di Kawasan Rumah Penyu pantai mampie merasa terbantu dengan gerakan Indonesia bebas sampah plastik oleh ibu-ibu Kejaksaan Negeri Polewali. "Ini bukan kali pertama Kejaksaan Negeri Polewali melakukan kegiatan baksos bersih pantai, tahun lalu juga mereka melakukan kegiatan yang sama di kawasa Rumah Penyu  pantai Mampie," jelas Yusri.

Kegaiatan ini adalah bukti nyata dukungan dan kecintaan pihak Kejaksaan pada lingkungan khususnya kelestarian penyu dan kebersihan pantai. "Intinya kami sangat berterimakasih dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejasaam Negeri Polewali di Kawasan Rumah Penyu Pantai Mampie," kunci Yusri. (ant/har)

comments