Ada Buaya Muncul di Sungai Budong Budong, Warga Diminta Waspada

On Jumat, Mei 24, 2019

MASALEMBO.COM

Buaya muncul di sungai Budong Budong direkam warga setempat (Ist/Masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO. COM - Seekor buaya muncul ke permukaan sungai Budong Budong, Minggu (19/5/2019) lalu. Kemunculan buaya di muara sungai itu berhasil direkam warga setempat.

Warga bernama Sahar merekam buaya yang muncul di sungai di Dusun Tangkau Indah, Desa Tabolang Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat itu.

Sahar mengaku sengaja mengabadikan kemunculan buaya untuk meyakinkan warga agar tetap waspada saat menyeberangi sungai. 

Ia menjelaskan, binatang air yang dikenal ganas itu telah dilihatnya sejak empat hari lalu. Namun, kala itu Sahar tak sempat merekam karena tak membawa handphone. 

"Saat itu saya tak membawa handphone, nah buaya itu muncul lagi dan kebetulan saya bawa handphone ya jadinya saya merekamnya," kata Sahar kepada sejumlah warga, Selasa (21/5/2019)

Kata dia, kemunculan buaya itu sengaja direkam sebagai bukti jika buaya ada di tempat aktifitas penyebarangan warga setempat. "Hewan itu biasanya muncul empat kali sehari di tempat yang sama," katanya.

Warga lainnya Ukki mengaku, senang atas video kemunculan buaya yang berhasil direkam Sahar. Menurutnya,  berkat bukti rekaman itu warga bisa percaya adanya buaya dan waspada tentang hal itu. 

Menurut Ukki, rutinas sebagian warga  berkebun di seberang sungai dan setiap harinya menyeberangi sungai itu menggunakan perahu sebagai alat transportasi, sedangkan lokasi kebun warga berada di bantaran sungai. 

"Hampir tiga puluh persen warga di sini berkebun di daerah gunung kapal, dengan mengandalkan perahu," kata Ukki berharap warga lebih waspada saat menyebrang sungai.

Sebagai warga dan juga petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Mateng, Ukki berharap warga tetap waspada saat beraktifitas kesungai.

"Kami sudah menyampaikan ke panitia masjid Nurul Haq khusus dusun Tangkou Indah agar diumumkan dan ini sebagai bentuk mitigasi," tuturnya. (jml/har)

comments